Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Dinkes Dogiyai minta Kapus sadar jalani tugas
  • Jumat, 17 Maret 2017 — 13:32
  • 782x views

Dinkes Dogiyai minta Kapus sadar jalani tugas

"Mereka itu kan anak asli daerah yang ditempatkan menjadi kepala Puskesmas di ‘dong pu’ kampung sendiri. Mereka harus sadar dengan tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan sebagai kepala Puskesmas. Menjadi kepala Puskesma itu amanah dalam karier,” kata Kristianus Tebai kepada Jubi per selularnya, Kamis, (16/3/2017).
Ilustrasi Puskesmas Moanemani, Dogiyai – Jubi/Abeth You
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai meminta kepada seluruh Kepala Puskesmas dan Pustu (Kapus) di seluruh wilayah untuk bekerja secara serius dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam melayani kepada masyarakat.

Sekretaris Dinkes Dogiyai, Kristianus Tebai bilang, hampir semua Kapus di Dogiyai adalah anak asli daerah dari 10 distrik itu.

"Mereka itu kan anak asli daerah yang ditempatkan menjadi kepala Puskesmas di ‘dong pu’ kampung sendiri. Mereka harus sadar dengan tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan sebagai kepala Puskesmas. Menjadi kepala Puskesma itu amanah dalam karier,” kata Kristianus Tebai kepada Jubi per selularnya, Kamis, (16/3/2017).

Kristianus mengaku harus menegaskan kembali hal tersebut lantaran banyak keluhan dari masyarakat. Termasuk Kepala Distrik di wilayah Mapia, Mapia Tengah dan Mapia Barat. Dalam waktu yang tidak disebutkan, pihaknya akan melakukan kunjungan kerja dadakan ke beberapa Puskesmas.

“Kami tidak mau dibilang Dinkes tidak pernah lakukan montoring dan evaluasi pelayanan di Puskesmas di Dogiyai bahkan dicap negatif tentang pelayanan kesehatan di Dogiyai,” tukasnya.

“Penempatan kepala Puskesmas di salah satu PKM adalah amanah dalam karier, sehingga kami akan evaluasi kinerjanya selama tiga bulan. Apakah akan serius atau tidak. Karena selama ini memang kami tidak pernah tegas mengambil kebijakan sehingga Kapus kadang lalai dan tidak pernah berada di tempat tugas,” katanya.

Ia menegaskan, apabila selama tiga bulan tersebut Kapus tidak melaksanakan  bahkan meninggalkan tempat tugas tanpa alasan, maka pihaknya akan warning dan evaluasi. "Masih ada orang lain yang mau serius melayani dan mau betah di Puskesmas,” imbuhnya.

Ia menerangkan, stok obat di IFK Kabupaten Dogiyai terbilang cukup dan masih banyak. Permintaan obat oleh Puskesmas dilakukan per tiga bulan sekali sesuai kesepakatan dalam Rakerkesda Dogoyai, akhir 2016 lalu.

“Kesepakatan bersama itu yakni permintaan obat oleh PKM ke IFK Kabupaten setiap tiga bulan sekali artinya kepala Puskesmas mengajukan permintaan obat dengan mengisi formulir LPLPO untuk stok tiga bulan ke depan. Bahkan IFK Kabupaten juga melayani permintaan secara khusus. Artinya apabila terjadi KLB atau pengobatan missal,” ujarnya.

“Khusus di Puskesmas Modio memang sejak dulu tidak pernah urus obat dengan baik. Kapus Modio dengan Timepa saya panggil dan meminta hal ini diperhatikan.”

Terpisah, Kadistrik Mapia Tengah, Dogiyai, Engelberth Degei meminta agar para Kapus dan Kepala Sekolah termasuk kepala-kepala lain yang ditugaskan di daerah-daerah bukan orang yang ditunjuk karena memo bupati. Namun, ia berharap agar lebih dulu dikomunikasikan dengan dinas terkait.

“Catatan dinas terkait lebih akurat dari pada sebuah memo bupati,” ujarnya. “Saya minta, bila di Dinas Kesehatan tidak ada tenaga kerja yang siap kerja, kasih sertifikat ke saya biar saya sendiri layani pasien. Obat-obat kebetulan kita sudah hafal baik, hanya tidak berani suntik,” ujar Degei. (*)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Aparat harus tegas selesaikan kasus penikaman di Ridge Camp Mile 72, PTFI

Selanjutnya

BPJS Kesehatan Wamena lakukan penyuluhan bagi tenaga medis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe