Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Sebagian dana BOS tahun 2016 masih ‘parkir’ di rekening sekolah  
  • Sabtu, 18 Maret 2017 — 04:22
  • 967x views

Sebagian dana BOS tahun 2016 masih ‘parkir’ di rekening sekolah  

Dana yang sudah dicairkan, lanjut dia, dimanfaatkan menyewa speed boat ke tempat tugas. Karena biayanya sangat mahal. Sekali jalan bisa sampai Rp13 juta. Kalau mengharapkan gaji guru, tidak mungkin, lantaran tak mencukupi.
Anak-anak asli Papua di salah satu kampung di Distrik Waan, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Merauke, Jubi - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Dasar (SD) Wetau, Distrik Waan, Kabupaten Merauke tahun ini dipastikan akan menurun. Karena jumlah murid dari tahun ke tahun, terus berkurang.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SD Wetau, Wilhelmus Rahailyaan. Dijelaskan, tahun 2016, dana BOS yang masuk ke rekening sekolah sekitar Rp62 juta. Dan baru dicairkan setengah, sisanya masih ‘parkir’ di rekening.
 
Dana yang sudah dicairkan, lanjut dia, dimanfaatkan menyewa speed boat ke tempat tugas. Karena biayanya sangat mahal. Sekali jalan bisa sampai Rp13 juta. Kalau mengharapkan gaji guru, tidak mungkin, lantaran tak mencukupi.
 
Disinggung sisa dana yang masih di rekening, Rahailyaan mengaku, dalam waktu dekat akan dicairkan sekaligus dimanfaatkan membeli kebutuhan anak murid mulai dari pakaian, sepatu, alat tulis serta makanan. Sedikit lagi disisihkan biaya sewa speed boat lagi ke tempat tugas.
 
“Saya mengambil kebijakan dengan tidak membagikan uang kepada anak murid. Karena jika dilakukan, uang yang ada dipastikan akan diambil orangtua dan tak membeli kebutuhan mereka seperti buku tulis maupun pakaian seragam,” tuturnya.
 
Ditambahkan, besarnya dana BOS yang diberikan pemerintah, disesuaikan jumlah anak didik. “Ya, kalau anak didik banyak, tentu dana BOS juga besar,” ujarnya dan menambahkan, jumlah murid di SD Waan sekarang hanya tersisa 100 lebih.
 
Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke yang membidangi pendidikan dan pemerintahan, Moses Kaibu meminta kepada kepala sekolah agar memanfaatkan dana BOS dengan baik dan benar.
 
“Sering ada keluhan yang saya terima dari orangtua jika anaknya tak menerima dana BOS,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

DPP partai Gerindra belum keluarkan rekomendasi nama ketua DPRD Merauke

Selanjutnya

Rumah dinas tak ada, guru tinggal di sekolah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe