Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. USBN berbasis komputer lebih hemat
  • Selasa, 21 Maret 2017 — 08:58
  • 778x views

USBN berbasis komputer lebih hemat

“Lebih hemat dan efisien ketimbang menggunakan tes dengan kertas, karena jika dengan kerta sekolah akan mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk membeli kertas, tinta printer, amlop, dan lainnya, selain itu juga harus dikoreksi manual,” ujarnya.
Suasana USBN berbasis komputer hari pertama di SMAN 4 Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Penerapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis Komputer lebih hemat dan efisien, karena menekan biaya operasional sekolah.

Demikian disampaikan Kepala SMA Negeri 4 Jayapura Laba Sembiring kepada Jubil, Senin (20/3/2017).
 
“Lebih hemat dan efisien ketimbang menggunakan tes dengan kertas, karena jika dengan kerta sekolah akan mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk membeli kertas, tinta printer, amlop, dan lainnya, selain itu juga harus dikoreksi manual,” ujarnya.
 
Menurutnya secara umum USBN dengan ujian sekolah. Hanya terdapat kombinasi soal antara yang dibuat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) provinsi dengan materi 80 persen dan soal dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) dengan materi 20 persen.

Untuk mempermudah akses pengambilan naskah, katanya, sekolah berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). MKKS kemudian mendistribusikan ke setiap kepala sekolah. Soal ujian berbasis komputer didapatkan berupa soft copy, kemudian dimasukkan ke dalam komputer yang disediakan di sekolah.
 
Sembiring menambahkan, komputer terletak di setiap ruangan di Kelas 12 yang sudah terkoneksi internet, sehingga ujian dilaksanakan di kelas.
 
Kersy Yoppy Wopari, siswa SMAN 4 Jayapura usai mengikuti ujian mata pelajaran Agama mengatakan, penggunaan komputer untuk USBN di sekolahnya bukan pertama kali, karena ujian Mid Semester pun menggunakan komputer.
 
“Kami sudah terbiasa mengerjakan soal-soal menggunakan komputer, lagian soal-soal juga berbeda-beda satu siswa dengan siswa yang lain, jadi tidak ada lagi yang namanya saling tukar hasil jawaban dari siswa ke siswa lainnya,” katanya. (*)
 

loading...

Sebelumnya

11 SMA dan 6 SMK di Kota Jayapura USBN komputer  

Selanjutnya

Distrik Sentani alokasikan dana khusus berantas penyakit endemik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 2997x views
Pengalaman |— Minggu, 13 Mei 2018 WP | 1174x views
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 1152x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe