Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Mamta
  3. KNPI Kota Jayapura sibuk urus politik, pemuda terlantar
  • Selasa, 21 Maret 2017 — 13:46
  • 660x views

KNPI Kota Jayapura sibuk urus politik, pemuda terlantar

“Namun kenyataannya KNPI di Indonesia terlalu sibuk dengan urusan politik praktis. Keberpihakan untuk kepentingan pemuda jauh dari harapan dan tak sejalan dengan perintah konstitusi KNPI sebagai dasar pijakan kiblat kerja KNPI,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Senin (20/3/2017). 
Ilustrasi logo KNPI – Jubi/IST
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Jayapura, Muh. Sabda Nawarissa menilai DPD KNPI Kota Jayapura terlalu sibuk mengurus politik praktis, sehingga organisasi itu vakum sejak beberapa tahun lamanya.

Menurut dia KNPI merupakan wadah yang dibentuk untuk mengakomodir kepentingan pemuda, baik pengembangan pemahaman SDM maupun kreativitas untuk pembangunan bangsa. 

“Namun kenyataannya KNPI di Indonesia terlalu sibuk dengan urusan politik praktis. Keberpihakan untuk kepentingan pemuda jauh dari harapan dan tak sejalan dengan perintah konstitusi KNPI sebagai dasar pijakan kiblat kerja KNPI,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Senin (20/3/2017). 

Ia menilai KNPI di Kota Jayapura telah kehilangan marwahnya sebagai wadah pemuda yang justru mengakibatkan selama ini vakum. 

“(KNPI) Terlalu sibuk dengan urusan-urusan politik praktis kekuasaan dan efeknya pemuda hilang kiblat dalam pergolakan menuju generasi bangsa yang tercerahkan beberapa tahun terakhir ini,” ujarnya. 

“Kalau KNPI sebagai wadah pemuda wadah laboratorium kader mesti pijakan mereka harusnya kembali pada amanah konstitusi dan pemuda secara total. Selama ini yang serius memikirkan pengembangan pemuda ialah kelompok cipayung dan kelompok cipayung pula yang bersepakat dan merekomendasikan KNPI hadir di negeri ini,” lanjutnya. 

Ia pun mengharapkan agar KNPI satu dan tidak ada dualisme kepemimpinan di dalam tubuh organisasi ini. 

Ditemui terpisah, Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Efrem Kota Jayapura, Simon Petrus Bame mengatakan terjadi polemik mengakibatkan KNPI kota vakum sejak tahun 2011. 

Sebagai salah satu organisasi pendiri, PMKRI pun sangat menyesalkan kondisi tersebut. 

“KNPI harus aktif karena di kota Jayapura menjadi salah satu barometer untuk kota, bahkan Provinsi Papua karena semua suku ada di kota ini. KNPI harus aktif dan melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan kepada semua pemuda untuk menyatukan seluruh potensi pemuda,” ujarnya. (*)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

KNPI Kota Jayapura gelar musda awal April

Selanjutnya

Sekda: Kami berterima kasih kepada Solpap

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua