Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Distrik Sentani alokasikan dana khusus berantas penyakit endemik
  • Selasa, 21 Maret 2017 — 17:06
  • 549x views

Distrik Sentani alokasikan dana khusus berantas penyakit endemik

Ia mengatakan, gerakan penanganan TB di distriknya sudah berlangsung lama. Bahkan ketika menjabat, tugas pertama yang dilakukannya meminta Dinas Kesehatan menjelaskan dimana peran distrik dalam penanganan kesehatan, kemudian langsung melakukan gerakan.
Kepala Distrik Sentani Alfons Sawita menerima penghargaan distrik yang sangat peduli terhadap penanganan penyakit endemik di Papua dari Sekda Papua, Selasa (21/3/2017). – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Kepala Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura Alfons Sawita mengatakan, distriknya mulai mengalokasikan dana khusus untuk penanganan penyakit endemik seperti Tuberkolosis (TB), HIV, dan AIDS agar bisa ditangani berkelanjutan.
 
“Ini merupakan tugas wajib negara, karena itu struktur pemerintahan seperti distrik sudah harus melakukan intervensi terkait dengan dokumen anggaran yang ada di kampung dan kelurahan untuk membiayai penanganan penyakit endemik di distriknya,” katanya usai upacara pencanangan gerakan Toki Pintu TB di Balai Latihan Kesehatan (Balatkes), Padang Bulang, Kota Jayapura, Selasa (21/3/2017).
 
Ia mengatakan, gerakan penanganan TB di distriknya sudah berlangsung lama. Bahkan ketika menjabat, tugas pertama yang dilakukannya meminta Dinas Kesehatan menjelaskan dimana peran distrik dalam penanganan kesehatan, kemudian langsung melakukan gerakan.
 
“Langkah pertama yang saya lakukan memproteksi penggunaan anggaran, kalau tidak ada anggaran yang berkaitan dengan kesehatan maka saya tidak akan tanda tangan, saya juga perintahkan untuk sebagian anggaran yang turun ke setiap kelurahan dan kampung harus disisihkan untuk penanganan penyakit-penyakit endemik di masyarakat,” ujarnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg. Aloysius Giyai mengapresiasi yang dilakukan Kadistrik Sentani dalam penanganan dan pencegahan beberapa penyakit endemik yang saat ini masih menjadi lampu merah di wilayah Papua.
 
“Ini harus dicontoh distrik, sebab pencegahan dan penanganan penyakit bukan hanya tugas Dinas Kesehatan, tetapi juga semua stakeholder agar semua keluhan masyarakat bisa ditangani dengan baik dan tepat sasaran,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

USBN berbasis komputer lebih hemat

Selanjutnya

Dinkes Papua canangkan gerakan Toki Pintu Tuberkolosis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe