Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Sekda buka pra musrembang Kabupaten Jayapura   
  • Rabu, 22 Maret 2017 — 13:03
  • 621x views

Sekda buka pra musrembang Kabupaten Jayapura   

Kegiatan yang berlangsung tanggal 21 – 24 Maret 2017 dan dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) ini dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 19 kepala distrik, DPRD, dan pihak swasta serta TNI-Polri dan lembaga keagamaan di kabupaten ini.
Sekda Kabupaten Jayapura, Yerry F. Dien ketika menyerahkan dokumen RKPD kepada perwakilan wilayah pembangunan – Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Sentani, Jubi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Yerry F. Dien membuka kegiatan pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di kantor bupati Gunung Merah Sentani.
 
Kegiatan yang berlangsung tanggal 21 – 24 Maret 2017 dan dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) ini dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 19 kepala distrik, DPRD, dan pihak swasta serta TNI-Polri dan lembaga keagamaan di kabupaten ini.
 
Sekda yang membacakan sambutan tertulis Bupati Mathius Awoitauw, Selasa (21/3/2017) mengatakan, pemerintah daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) setiap tahun.
 
Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 23 tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Hasil Rencana Kerja Pembangunan Daerah.
 
Musrembang sebelumnya, yang dilakukan di tingkat distrik adalah mekanisme yang harus dilaksanakan sebelum mencapai kegiatan di tingkat atas seperti musrembang tingkat kabupaten. Karena dari hasil ini akan ada hasil sebuah dokumen daerah yang menentukan cap akan dalam sistem pembangunan itu sendiri.
 
“Dalam kegiatan ini akan dibahas sejumlah rencana kerja di masing-masing OPD, lembaga dan badan. Dari hasil ini akan ada satu dokumen daerah yang dilaksanakan pada tahun berikutnya,” kata sekda.
 
Ia melanjutkan, pra musrembang merupakan pembahasan sinkronisasi antara hasil usulan musrembang distrik, hasil reses atau kunjungan kerja DPRD dengan rencana kerja OPD.
 
Hasilnya akan menjadi RKPD dan dilanjutkan menjadi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang bersinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menangah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Rensra) OPD.
 
“Dalam kegiatan ini akan mempertemukan sejumlah stekholder pembangunan, baik di tingkat kampung, distrik, maupun kabupaten. Tokoh masyarakat, adat, perempuan, pemuda, agama, LSM untuk membahas dan menyepakati program dan kegiatan prioritas di wilayah distrik yang akan menjadi prioritas pembangunan kabupaten Jayapura yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2018 yang juga bersinergi dengan kegiatan prioritas ditingkat provinsi dan nasional,” katanya.
 
Untuk itu semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan dapat mengikuti, membahas dan menyepakati bersama-sama sehingga ada hasil yang benar-benar diharapkan.
 
Kepala Bapeda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi mengatakan, selain forum OPD dan kepala distrik, pra musrembang ini juga menghadirkan satu narasumber dari Kementerian Dalam Negeri.
 
“Jadi, diharapkan semua stekholder yang mengikuti kegiatan ini benar-benar serius mengikutinya sehingga ada hasil berupa dokumen daerah dalam satu RKPD yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nanti,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

 Alokasi dana di 139 kampung Rp 179 miliar lebih

Selanjutnya

Penangkapan terduga pungli di SMPN 2 dinilai berlebihan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe