PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Mamta
  3. Sekda minta pasar mama-mama punya IMB
  • Kamis, 23 Maret 2017 — 09:33
  • 642x views

Sekda minta pasar mama-mama punya IMB

“Kami baru sampai pada tataran rekomendasi. Ini yang perlu ada penyelesaian BUMN dan BUMD-nya, terkait IMB harus disertakan juga kepada kami,” katanya di Jayapura, Rabu (22/3/2017). 
Sekda Kota Jayapura R.D Siahaya ketika menanggapi pemaparan materi dari Pokja Papua di pasar mama-mama Papua, Rabu (22/3/2017) – Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Sekda Kota Jayapura, R.D. Siahaya mengatakan pengalihan pasar mama-mama ke Pemerintah Kota Jayapura harus disertai surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Menurutnya beberapa hal dalam IMB yang harus dipenuhi kelompok kerja (Pokja) Papua dan BUMN, seperti AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). 

“Kami baru sampai pada tataran rekomendasi. Ini yang perlu ada penyelesaian BUMN dan BUMD-nya, terkait IMB harus disertakan juga kepada kami,” katanya di Jayapura, Rabu (22/3/2017). 

Menurutnya permasalahan tanah di lokasi eks terminal DAMRI itu harus diselesaikan. “Kami menghitung juga dengan AMDAL. Itu baru akan diketahui tentang mobilitas kendaraan, baik roda dua, maupun roda empat, dan kondisi pasar seperti apa harus kami ketahui bersama,” katanya. 

Pemaparan Pokja Papua soal pembangunan dan pembinaan pasar untuk meningkatkan ekonomi mama-mama dinilainya cukup baik. 

“Lantai satu pasar mama-mama itu memang sesuai kondisi budaya mama-mama Papua, sesuai keseharian mereka berjualan. Ini prinsip dasar dalam pembinaan mama-mama Papua,” ujarnya. 

Pihaknya juga akan mengakomodir mama-mama pedagang sesuai data yang ada. “Kami mempunyai semua data pedagang asli. Itu juga nanti kami berikan pemahaman ke mama-mama yang ada di pasar,” katanya. 

Ketua Pokja Papua, Judith mengatakan, pihaknya membina mama-mama bagaimana menciptakan lapangan kerja. “Dengan mendorong ekosistem dari daerah ke pasar,” katanya. 

Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP), Meti Ronsumbre mengaku tak mengetahui pertemuan pihak Judith dengan Sekda Kota Jayapura. Rosumbre bahkan tak mengetahui ihwal IMB yang disebutkan Sekda. 

Oleh sebab itu, Pokja Papua dimintanya agar menghargai perjuangan SOLPAP yang sejak 15 tahun lalu memperjuangkan pasar ini. (*)

Sebelumnya

Ratusan umat hadiri peresmian gereja di Waena 

Selanjutnya

300 warga Muara Tami dapat sertifikat gratis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua