Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. USBN Yahukimo, soal ujian Agama dan Geografi tidak dilengkapi pertanyaan
  • Kamis, 23 Maret 2017 — 09:52
  • 1061x views

USBN Yahukimo, soal ujian Agama dan Geografi tidak dilengkapi pertanyaan

Kepala SMK Negeri 1 Dekai, Musa Rumbiak, mengatakan hal tersebut baru diketahui ketika ujian akan mulai pada Senin pagi itu. Untuk soal Agama, ketiadaan pertanyaan terdapat pada soal nomor 40.
Suasana ujian –USBN-  di SMA Negeri Ninia, Dekai. – Jubi/Piter Lokon
Piter Lokon
piter@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Yahukimo, Jubi - Pihak penyelenggara ujian dan 144 siswa peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kota Dekai, Yahukimo, mengalami kendala pada hari pertama ujian, Senin (20/3/2017). Dua mata pelajaran yakni Agama dan Geografi, yang diujikan pada hari pertama USBN ternyata tidak dilengkapi dengan pertanyaan dari soal yang dimuat dalam bentuk wacana atau cerita.

Kepala SMK Negeri 1 Dekai, Musa Rumbiak, mengatakan hal tersebut baru diketahui ketika ujian akan mulai pada Senin pagi itu. Untuk soal Agama, ketiadaan pertanyaan terdapat pada soal nomor 40.

"Kendala yang kami hadapi dalam soal USBN di Yahukimo salah satunya esai mata pelajaran Agama SMA dan SMK No 40. Wacana ada tapi pertanyaan dari wacana tersebut tidak ada," kata Musa Rumbiak saat ditemui Jubi di Dekai, Selasa (21/3/2017).

Setelah berkoordinasi dengan Panitia USBN, para peserta ujian diminta untuk mengosongkan pilihannya pada lembar jawaban soal Agama. "Kami sampaikan info tersebut kepada Panitia USBN di dinas bersangkutan, lalu kami sampaikan siswa untuk dikosongkan saja," ujar kepsek itu.

Terpisah, Sekertaris Panitia Nining Suherni mengaku kesalahan juga terjadi pada mata pelajaran Geografi. "Ada juga (kesalahan) di Geografi. Di sana tidak ada pertanyaan dan tidak ada pilihan jawaban (pilihan ganda)." katanya.

Kendati demikian, ujian tetap dilangsungkan. Setelah melapor panitia penyelenggara USBN di Provinsi Papua, dan menerima kiriman revisi soal melalui pesan elektronik, para guru pengawas di setiap kelas membacakan pilihan jawaban dan peserta ujian mengisi jawabannya.

"Terkait soal yang bermasalah kami hubungi panitia penyelenggara di provinsi. Mereka kirim revisinya di email dan kami bacakan revisinya," ujarnya.

Agus Esema, siswa peserta USBN, mengatakan dirinya tidak menjawab, pasalnya tidak ada pilihan gandanya.

“Soal ujian di saya agama Katolik, itu juga tidak ada pilihan gandanya jadi saya tidak isi, saya kasih kosong. Kalau Geografi saya isi yang mendekati saja,” jelas Agus saat ditemui Jubi di SMA Negeri 1 Dekai.

Siswa lainnya adalah Romina Siru. Ia mengaku hambatan yang sama juga terjadi pada mata pelajaran Sejarah, 
“Sejarah juga sama, tidak ada pilihan gandanya,” jawab siswa SMA Ninia itu yang mengaku kesulitan dalam menjawab soal uraian.

USBN, yang akan berakhir Kamis (23/3/2017), di Yahukimo diikuti 144 siswa dari Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Teologi Keagamaan. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Sekda: Gaji mantan pegawai dinas kehutanan akan dibayarkan

Selanjutnya

Butuh Polwan, Polres Yahukimo sediakan dua rumah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe