PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Niat Presiden gelar Ratas soal PON 2020 harus didukung
  • Jumat, 24 Maret 2017 — 18:27
  • 1198x views

Niat Presiden gelar Ratas soal PON 2020 harus didukung

Dari segi infrastruktur Nico Dimo menilai gaungnya terkesan baru masih sebatas bicara-bicara lewat media lokal di Jayapura, sedangkan aksi nyata di lima klaster seperti pembangunan venue dan rehab gedung sangat terasa tak satupun terlihat dilakukan, ataupun dikerjakan. 
Kompleks Mimika Sport Centre  di SP V Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika yang dibangun Freeport mendukung PON 2020 - Jubi/IST
Andreas Weleurat
andreasweleurat@gmail.com
Editor : Jean Bisay

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi –  Niat Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (Ratas) membahas kesiapan PON 2020 di Papua, disambut positif, tapi dengan sejumlah catatan.

Pengurus KONI Papua bidang pembinaan prestasi dan kompetisi, Nico Dimo berpendapat keinginan Jokowi ini patut diapresiasi serta didukung, sebab rentang waktu 3 tahun menuju PON, sama sekali belum ada aksi nyata.

Dari segi infrastruktur Nico Dimo menilai gaungnya terkesan baru masih sebatas bicara-bicara lewat media lokal di Jayapura, sedangkan aksi nyata di lima klaster seperti pembangunan venue dan rehab gedung sangat terasa tak satupun terlihat dilakukan, ataupun dikerjakan. 

“Untungnya di kabupaten Mimika oleh Freeport  sudah dibangun Mimika Sport Center. Ini saja yang bisa menyelamatkan wajah pemerintah daerah dan KONI Papua, itupun dibagun dalam 4 tahun sejak tahun 2014 baru selesai 2017,” beber Nico Dimo.

Sedangkan baik di Jayapura,  Merauke, Biak dan Jayawijaya terkesan di mata publik belum satupun, ada kegiatan nyata, baik bangunan cabornya atau rehap bangunan yang sebagaimana yang kita dapati hingga saat ini.

Indikator-indikator inilah hemat saya kehadiran Gubernur Papua Lukas Enembe di Istana Negara, perlu kita angkat jempol dan menghargai kalau gubernur sangat mengetahui bahwa sebagai kepala daerah dan wakil rakyat Papua sudah dikibuli oleh laporan-laporan yang jika ditelusuri seperti banyak bicara tapi aksi nyata dilapangan jauh dari harapan.

Persoalan pembangunan stadion utama sebagai pembukaan dan penutupan PON 2020 di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura  saja, terlihat hingga kini tak ada pekerjaan nyata.

Menyikapi instruksi Presiden kepada gubernur Papua bersama pemkab lima klaster segera rapat terbatas dengan Kementrian/Lembaga terkait, tentu wajar karena apa yang dilaporkan Gubernur dilihat dari kenyataan antara konsep dan kenyataan bertolak belakang.

Intinya harus ada aksi nyata dan gila untuk percepat pembangunan infrstruktur PON di lima klaster sebagai lokasi pertandingan PON.

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan mengenai pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, akan ada rapat terbatas di Jakarta dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Papua, Bupati Mimika, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Jayawijaya, Biak, dan KONI.

"Rapat terbatas dengan kementerian/lembaga terkait ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada saya. Untuk itu, akan segera kami tindaklanjuti," kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, pihaknya akan menyiapkan anggaran Rp660 miliar dalam tahun ini untuk mendanai pembangunan stadion utama.

"Tahap pertama kemarin kita sudah salurkan Rp180 miliar sampai kepada pembebasan lahannya. Sementara tahap kedua tahun ini sudah diketuk dalam APBD 2017 senilai Rp660 miliar yang akan kami gunakan untuk pembangunan stadion," kata Yusuf Yambe Yabdi merinci. (*)

Sebelumnya

Okto Maniani, pemain rangkap asisten pelatih di Persemar

Selanjutnya

Delapan tim lolos babak delapan besar JWW Cup

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua