PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Lapago
  3. Jayawijaya datangkan sayur tiga ton tiap hari
  • Sabtu, 25 Maret 2017 — 09:56
  • 1989x views

Jayawijaya datangkan sayur tiga ton tiap hari

“Dalam sehari Jayawijaya mendatangkan tiga ton sayur mayur dari luar Wamena, itu untuk kebutuhan masyarakat baik dari Jayapura maupun kabupaten lainnya,” kata Kepala Bappeda Jayawijaya, Petrus Mahuse kepada Jubi di Sasana Wio, Wamena, Jumat (24/3/2017). 
Mama-mama yang berjualan sayuran di Pasar Jibama, Jayawijaya – Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Kabupaten Jayawijaya mendatangkan tiga ton sayur dari luar kabupaten ini setiap harinya. 

Maka dari itu, pengembangan pertanian tahun 2018 harus dioptimalkan dan menjadi musrembang yang sedang dilaksanakan pemerintah daerah setempat.

“Dalam sehari Jayawijaya mendatangkan tiga ton sayur mayur dari luar Wamena, itu untuk kebutuhan masyarakat baik dari Jayapura maupun kabupaten lainnya,” kata Kepala Bappeda Jayawijaya, Petrus Mahuse kepada Jubi di Sasana Wio, Wamena, Jumat (24/3/2017). 

Diakuinya, ketergantungan terhadap sayur-mayur dari luar Wamena masih tinggi, karena lahan pertanian di kabupaten ini belum dikelola makmsimal. 

“Dinas terkait perlu menyusun program secara baik dan terukur untuk mengatasi persoalan ini, karena Jayawijaya memiliki potensi pertanian yang baik. Misalnya untuk pengembangan sayur-mayur seperti kol, wortel dan umbi-umbian. Kedepan didorong bersama agar ketersediaan pangan lokal, termasuk sayur mayur selalu tersedia,” katanya. 

Kepala Bidang Perdangangan Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Koperasi, Arisman Chaniago menuturkan, kebutuhan sayur-mayur di kabupaten ini cukup tinggi. 

Sayur yang didatangkan dari Jayapura saja, katanya, mencapai satu ton per hari seperti cabai, tomat, bawang dan bumbu masakan lainnya.

“Jumlah tiga ton tersebut termasuk sayur yang masuk dari kabupaten pemekaran bukan dari Jayapura saja, karena dari Jayapura itu tujuh pemasok kita paling rata-rata satu ton dan ini pun, seperti cabai, tomat dan bawang serta bumbu ini juga di distribusikan lagi keluar Jayawijaya,” kata Arisman.

Pihaknya bisa saja mengurangi masuknya sayur dari luar Jayawijaya. Namun sejauh ini dinas terkait belum dapat memastikan ketersedian stok sayuran di Jayawijaya, karena pengembangan pertanian belum dilakukan secara modern. 

“Yang datangkan sayuran ini juga melihat kebutuhan seperti kekosongan sejumlah komoditi seperti tomat dari petani kita, maka pengusaha mendatangkannya ke Wamena,” katanya. (*)

Sebelumnya

Pemkab Intan Jaya siapkan Rp10 miliar dana perdamaian

Selanjutnya

Dulu terpuruk, kini jadi pengusaha sukses

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua