Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ibukota
  3. Hujan es bakal terjadi lagi di Jakarta
  • Rabu, 29 Maret 2017 — 16:41
  • 1607x views

Hujan es bakal terjadi lagi di Jakarta

Hujan es di kawasan Jakarta Timur, 28 Maret 2017. Butiran es berjatuhan saat hujan deras disertai petir.(Jubi/ Istimewa/Tempo.co)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jakarta, Jubi - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan, hujan es kemungkinan besar masih bisa terjadi lagi selama musim transisi atau pancaroba pada Maret, April dan Mei 2017.

"Kejadian ini pada umumnya terjadi pada saat pancaroba dan biasanya terjadi pada Maret, April, Mei," kata Andi Eka Sakya di Jakarta, Rabu, 29/03. 

Sebelumnya sejumlah wilayah di Jakarta mengalami hujan lebat dan es pada Selasa, 28/03, disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat. Warga diminta waspada karena hujan es berpotensi merusak.

Menurut BMKG tanda-tanda alam bakal terjadinya hujan es. Yakni, udara pada sehari sebelumnya terasa panas dan gerah.

Kemudian Mulai pukul 10.00 pagi terlihat tumbuh awan Cumulus yaitu awan putih berlapis-lapis, di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

Tahap berikutnya awan tersebut akan cepat berubah warna menjadi abu-abu atau hitam yang dikenal dengan awan Cumulonimbus (Cb).

Lalu, pepohonan disekitar tempat kita berdiri ada dahan dan rantingnya yang mulai bergoyang cepat, serta terasa ada sentuhan udara dingin di sekitar kita berdiri.

Biasanya hujan yang pertama kali turun adalah hujan deras , apabila hujan gerimis maka kejadian angin kencang tidak terjadi.

Jika dalam satu hingga tiga hari berturut-turut tidak ada hujan pada musim pancaroba, maka ada indikasi potensi hujan lebat yang pertama kali turun diikuti angin kencang.

Kejadian hujan es tersebut bersamaan dengan siklon tropis Debby yang terjadi di timur laut Australia. Menyebabkan konvergensi mulai dari Sumatera Selatan sampai ke NTT.(*)



 


 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Perlindungan perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia masih minim

Selanjutnya

Festival Film Polisi bertemakan kebhinekaan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe