Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Jamu atlet PON 2020, produksi jeruk Nabire terus dikembangkan
  • Kamis, 30 Maret 2017 — 18:21
  • 1526x views

Jamu atlet PON 2020, produksi jeruk Nabire terus dikembangkan

“Kami terus berupaya meningkatkan mutu dan produksi komiditi jeruk, mulai dari budidaya. Sehingga target ini bisa kita capai,” katanya.
Ilustrasi pohon jeruk - Jubi
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Nabire, Jubi – Dinas Pertanian Kabupaten Nabire terus berupaya meningkatkan sarana prasarana komoditi jeruk untuk menjamu atlet PON Papua 2020 nanti.

Kepala seksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Nabire saat ditemui Jubi, Kamis (30/3/2017), mengatakan jeruk Nabire sangat terkenal ini terus didorong pengembangannya baik itu lahan maupun petaninya. Selain itu juga hasil produksinya.

“Kami terus berupaya meningkatkan mutu dan produksi komiditi jeruk, mulai dari budidaya. Sehingga target ini bisa kita capai,” katanya.

Dari luas lahan per tahun 2016 mencapai 600 hektare yang terdaftar, terdapat penambahan lahan pada 2017 sebesar 35 hektare. Sumber dananya dari APBN sebesar 25 hektare dan 10 hektare dar dana Otsus.

Secara teknis sudah siap, katanya, hanya ada kendala lain di lapangan seperti sarana penunjang yakni mesin olah yang masih kecil, dan sarana lain seperti listrik.

“Mesin yang ada hanya berstandar standar home industry jadi kecil, sementara untuk kita butuh yang lebih besar berstandar komersil,” jelasnya.

Sehingga itu, tambahnya, mereka terus berupaya untuk berkoordinasi dengan instansi teknis lainnya. Sebab untuk memenuhi dan menjamu atlet PON nanti  perlu kapasitas mesin pengolah yang besar yakni mesin berkapasitas standar komersil.

Di tempat terpisah, seorang petani jeruk Wellem Runggaweri mengatakan petani pada umumnya selalu siap. Hanya faktor penunjang ini yang belum memadai yakni mesin pengolah sirup dan jus.

“Kalau hasil buah jeruknya saya jamin, semua petani yang ada di Nabire pasti memproduksi buah jeruk sangat tinggi,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Sejumlah oknum ASN Yapen dilaporkan ke KASN

Selanjutnya

SMK N 2 Nabire diharapkan mampu lahirkan siswa siap pakai

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe