Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Lapago
  3. BPJS belum terima laporan dana enam kabupaten
  • Sabtu, 01 April 2017 — 12:36
  • 1182x views

BPJS belum terima laporan dana enam kabupaten

BPJS Kesehatan Wamena membawahi tujuh kabupaten di daerah pegunungan, yaitu, Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Nduga, Yahukimo dan Puncak Jaya. Dari tujuh kabupaten tersebut hanya Jayawijaya yang rutin menyampaikan laporan penggunaan dana BPJS kesehatan.
Ilustrasi logo BPJS Kesehatan - Jubi/http://ksp.go.id
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Wamena belum menerima laporan penggunaan dana BPJS dari enam kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua sejak tahun 2013.

BPJS Kesehatan Wamena membawahi tujuh kabupaten di daerah pegunungan, yaitu, Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Nduga, Yahukimo dan Puncak Jaya. Dari tujuh kabupaten tersebut hanya Jayawijaya yang rutin menyampaikan laporan penggunaan dana BPJS kesehatan.

“Penyebab enam kabupaten itu belum menyerahkan laporan penggunaan dana BPJS Kesehatan ini, bisa jadi karena akses transportasi yang sulit. Saya tidak bisa menyalahkan mereka (enam kabupaten). Hanya saja kok bisa terjadi sepanjang tiga tahun ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Wamena, Djamal Ardiansyah di Wamena, Jumat (31/3/2017).

Tiadanya laporan tersebut berpotensi mendapatkan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Selama ini biaya-biaya yang kami bayarkan kepada Puskesmas itu sudah digunakan, cuma belum ada laporan kepada kami tentang siapa yang sakit, nomor kartunya berapa, penyakitnya apa dan tanggal berapa, itu saja yang kami minta,” katanya.

Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait kepada Jubi mengatakan, pihaknya akan memperhatikan laporan penggunaan dana BPJS ini. Maka dari itu, seluruh kepala Puskesmas secara rutin menyampaikan laporan penggunaannya.

“Beberapa waktu lalu juga kami membuat pelatihan tentang bagaimana menggunakan aplikasi untuk menyampaikan laporan, sehingga bisa diketahui jumlah orang yang dilayani BPJS di masing-masing Puskesmas, sekaligus juga bisa diketahui dana BPJS yang diturunkan ke Puskesmas digunakan untuk membiayai apa saja,” katanya. (*)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Gapensi Papua akan gelar Rapimda di Wamena

Selanjutnya

Pemerintah terus dorong penyerapan dana otsus

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua