Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Papua Nugini giat membangun budaya kopi
  • Minggu, 02 April 2017 — 10:22
  • 1078x views

Papua Nugini giat membangun budaya kopi

Para penyangrai kopi (roaster) dari Papua Nugini kian giat menghidupkan budaya minum kopi di kalangan masyarakat. Mereka percaya, dengan meningkatnya budaya minum kopi dapat menambah gairah pasar kopi dalam negeri.
Para penyangrai kopi Papua Nugini. /postcourier.com.pg
Post Courier
redaksi@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Port Moresby, Jubi – Para penyangrai kopi (roaster) dari Papua Nugini kian giat menghidupkan budaya minum kopi di kalangan masyarakat. Mereka percaya, dengan meningkatnya budaya minum kopi dapat menambah gairah pasar kopi dalam negeri.

Master Roaster dari Papua Nugini, Anton Buro mengatakan hal itu seperti dikutip dari laman postcourier.com.pg pada Minggu (1/4/2017). “Budaya minum kopi sangat rendah dan pemerintah seharusnya segera melakukan intervensi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kopi, menghentikan impor kopi instan murahan dan memberi perhatian lebih terhadap sektor agrikultur,” ucapnya.

Dengan cara ini, ia yakin budaya minum kopi di Papua Nugini dapat bangkit. Baru-baru ini, Buro mengikuti pelatihan Master Roaster di Brisbane, Australia. Dengan kapasitasnya sebagai penyangrai kopi, ia melihat banyak sekali kekurangan dalam pengelolaan industri kopi dalam negeri. Padahal, Papua Nugini memiliki alam dan iklim yang tepat untuk budidaya kopi.

Selain Buro, ada lima penyangrai kopi lainnya dari Papua Nugini yang juga mengikuti pelatihan intensif di Brisbane yang diselenggarakan oleh Wolff College di bawah arahan Peter Wolff.

Pelatihan tersebut mencakup beberapa proses, yaitu dari mulai teknik menyangrai, mengolah hingga menilai citarasa kopi yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Pelatihan itu sendiri didukung oleh organisasi bernama Pacific Horticulture Agriculture and Market Access (PHAMA).

Para penyangrai Papua Nugini yang mengikuti pelatihan itu antara lain mewakili Superior Enterprises, Colbran coffeelands, Kosem Coffee, koperasi petani Kenilogo dan Vitis industries.

Kopi jenis Arabica dari Papua Nugini cukup menempati posisi yang bagus di pasar internasional, seperti Amerika Utara. Mayoritas kopi PNG yang dijual di Amerika Utara berasal dari beberapa perkebunan kopi terkenal, yaitu Sigri dari Provinsi Western Highlands dekat pegunungan Hagen atau Angko Limited yang mengusung merek Arusafa dan Arona dari provinsi Eastern Highlands. **

loading...

Sebelumnya

Partai Federasi Nasional janjikan bangun pabrik gula

Selanjutnya

Gereja Katolik Guam kembali dituntut secara hukum

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 5436x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2857x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2746x views
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe