Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemerintah terus dorong penyerapan dana otsus
  • Senin, 03 April 2017 — 07:43
  • 802x views

Pemerintah terus dorong penyerapan dana otsus

Ia mengatakan hasil musrenbang Otsus dari tiap Kabupten/kota harus segera diintegrasikan dengan hasil musrenbang RKPD Kabupaten/Kota agar pelaksanaan program dan kegiatan yang bersumber dari dana Ostus tidak terlambat. 
Musrenbang Otsus untuk wilayah adat Lapago yang digelar di kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya. - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Papua, Adolf Kambuaya menegaskan berbagai upaya turus dilakukan pemerintah provinsi Papua untuk mendorong percepatan penyerapan dana Otonomi Khusus di seluruh kabupaten/kota.

"Selama ini penyerapan dana Otsus Papua selalu terlambat setiap tahunnya, kita terus berupaya tidak lagi terjadi artinya banyak kegiatan yang bersumber dari Otsus terjadi sisa lebih pembiayaan anggaran karena waktu pelaksanaannya singkat, sehingga didorong lagi pelaksanaanya ke tahun berikut," kata Adolf saat menutup musrenbang otsus wilayah Lapago akhir pekan lalu.

Ia mengatakan hasil musrenbang Otsus dari tiap Kabupten/kota harus segera diintegrasikan dengan hasil musrenbang RKPD Kabupaten/Kota agar pelaksanaan program dan kegiatan yang bersumber dari dana Ostus tidak terlambat. 

"Melalui Musrenbang Otsus ini, mulai tahun depan pada bulan Januari itu program dan kegiatan yang bersumber dari otsus sudah harus berjalan, jadi tidak menunggu hingga pertengahan atau akhir tahun baru dilaksanakan,” tegasnya.

Dari hasil musrenbang otsus wilayah adat Lapago, ada tiga poin penting yang menjadi fokus pembenahan. Tercatat, seluruh kabupaten yang masuk dalam wilayah ini masuk dalam garis merah. “Artinya angka kemiskinan tinggi, buta hutuf tinggi, putus sekolah tinggi, gizi buruk tinggi, sehingga hal itu yang menjadi prioritas,” ucapnya.. 

Sementara itu,  Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon R. Banua mengapresiasi program musrenbang dengan skala adat yang baru pertama kali dilakukan. “Ini sangat baik sekali dilakukan sehingga semua kabupaten di wilayah adat Lapago mengetahui bersama dan satu tujuan penggunaan dana otsus kedepan,” ucap Banua.

Ia juga mengatakan, fokus pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam penggunaan seratus miliar lebih dana Otsus 2017 adalah untuk pembangunan sektor kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Dana Otsus untuk Kabupaten Jayawijaya sepenuhnya kita realisasi untuk masyarakat, tidak ada yang kita gunakan untuk pembangunan fisik,” kata John Banua. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

BPJS belum terima laporan dana enam kabupaten

Selanjutnya

Empat SMK di Jayawijaya laksanakan UNBK 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua