Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Untuk bekerja, lulusan SMKN 2 Jayapura masih terbentur psikotes
  • Senin, 03 April 2017 — 19:24
  • 851x views

Untuk bekerja, lulusan SMKN 2 Jayapura masih terbentur psikotes

“Namun yang menjadi pekerjaan besar kami saat ini memberikan pemahaman tentang pentingnya psikotes,” katanya kepada Jubi, Senin (4/3/2017).  
Siswa SMKN 2 Jayapura sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) – Jubi/Roy Ratumakin
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Sekolah menengah kejuruan mulai berlomba mencetak lulusan yang bisa diserap dunia usaha yang mulai menggeliat di Papua, khususnya Jayapura.

Salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Jayapura. Kepala SMKN 2 Jayapura Elia Waromi mengatakan, terus berupaya agar siswa yang lulus sudah bisa menjadi tenaga terampil di bidangnya.
 
“Namun yang menjadi pekerjaan besar kami saat ini memberikan pemahaman tentang pentingnya psikotes,” katanya kepada Jubi, Senin (4/3/2017).
 
Psikotes di antaranya tes logika aritmatika, tes logika penalaran, dan tes analog verbal.
 
“Untuk tes ini kami sudah mendapat bantuan dari PT PLN Jayapura menyediakan alat untuk melatih siswa menghadapi psikotes tersebut, karena mereka menyadari sebagian besar anak-anak didik gugur pada saat psikotes tersebut, dari sisi pengetahuan mereka menguasai namun dari sisi lain seperti psikotes mereka lemah,” katanya.
 
Selain itu pihak sekolah juga mengembalikan kepada peserta didiknya apakah lulus dari sekolah langsung bekerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
 
“Kami sebagai tenaga pendidik terus berupaya agar peserta didik kami bisa langsung siap pakai setelah lulus nanti,” ujarnya.
 
Waromi menambahkan, kini sudah ada sekitar 60 siswa yang mendaftarkan mengikuti ujian perbaikan nasional. Menurutnya, siswa tersebut memilih langsung bekerja.
 
“Sebagain besar rata-rata nilai mereka 5,5 dan kebanyakan siswa-siswi tersebut ingin keberuntungan mereka di Polri,” ujarnya.
 
Selain itu, menurut Waromi pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Asosiasi Perjalanan Wisata (ASITA) Papua, Ikatan Akuntan Indonesia, dan lainnya. Semua jurusan di sekolah ada ikatan dengan dunia usaha di Kota Jayapura.
 
Feranty Maria Matrutti, siswa Kelas XII SMKN 2 Jayapura mengaku, setelah lulus akan melanjutkan ke perguruan tinggi untuk menambah ilmu. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

71 mahasiswa Poltekes Jayapura PKL di Kampung Harapan

Selanjutnya

Sekolah minta orangtua dukung anaknya hadapi UNBK

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe