Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Purom Wenda minta Rambo Wenda dibebaskan
  • Selasa, 04 April 2017 — 13:47
  • 1276x views

Purom Wenda minta Rambo Wenda dibebaskan

"Itu pasukan saya. Dia punya hukuman sudah dia jalanani. Agustus 2016 dia sudah dibebaskan. Kembali ke rumah. Kemudian ditangkap lagi. Dia ditangkap terkait penembakan 88. Padahal itu pasukan lain. Bukan dia. Pelakunya rombongan Oni. Bukan Rambo," kata Purom.
Porum Okiman Wenda - IST
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Pihak yang mengkalim sebagai Purom Okiman Wenda, pimpinan OPM wilayah Lani Jaya meminta kepada Pemerintah Indonesia dan kepolisian membebaskan salah satu anggotanya, Rambo Wenda yang kini ditahan di LP Klass IIA Abepura, Kota Jayapura.

Ketika menghubungi Jubi via teleponnya, Senin (3/4/2017) pihak yang mengaku sebagai Purom Wenda itu mengatakan, Rambo telah menyelesaikan hukumannya. Pada 2016 lalu ia telah bebas, namun kembali di tangkap di Jayapura. Kata dia, Rambo dituduh lagi terlibat penembakan di Kali Nomkime, Kabupaten Puncak Jaya.

"Itu pasukan saya. Dia punya hukuman sudah dia jalanani. Agustus 2016 dia sudah dibebaskan. Kembali ke rumah. Kemudian ditangkap lagi. Dia ditangkap terkait penembakan 88. Padahal itu pasukan lain. Bukan dia. Pelakunya rombongan Oni. Bukan Rambo," kata Purom.

"Ini pasukan lain punya perbuatan, Rambo diproses lagi. Jadi ini harus jelas. Kasus-kasusnya dia sudah beres. Sudah selesai. Rambo harus dibebaskan karena dia tidak terlibat sama sekali," ujarnya.

Dalam catatan Jubi, Rambo tak pernah dibebaskan. Rambo divonis 16 tahun penjara dalam sidang putusan majelis hakim di Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura, Jumat (17/3/2016).

Majelis hakim menilai, Rambo terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap anggota Brimob di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, beberapa tahun sebelumnya.

Rambo ditangkap Tim Khusus (Timsus) Polda Papua di Wamena, Jayawijaya, Minggu (26/10/2017) sekitar pukul 13.00 bersama lima orang lainnya. Polisi menyebut sejak 2013, Rambo masuk dalam Daftar Pencarian Orang. Yang bersangkutan disebut terlibat serangkaian aksi penembakan di Puncak Jaya sejak 2011 lalu.

Kombes (Pol) Sulistyo Pudjo yang kala itu menjabat Kabid Humas Polda Papua mengatakan, Rambo merupakan pimpinan kelompok bersenjata di daerah Balingga hingga Lani Jaya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pelapor Khusus PBB bidang lain dinanti ke Papua

Selanjutnya

SHDRP Minta Pemprov bantu bebaskan Yosep Paragaye

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe