Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Mamta
  3. Distan Kota Jayapura siap bekali petani PNG 
  • Selasa, 04 April 2017 — 14:01
  • 511x views

Distan Kota Jayapura siap bekali petani PNG 

“Apabila tahun 2017 kedua provinsi tersebut mengirimkan masyarakatnya, kami siap melatih mereka asalkan mereka akan berkomunikasi dengan Bagian Perbatasan di Kota Jayapura sebagai koordinator untuk mengkoordinir bidang teknis ini,” katanya. 
Jalan menuju ke kawasan Distrik Muara Tami, Kota Jayapura – Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dinas Pertanian (Distan) Kota Jayapura, Papua siap membekali petani asal Provinsi Wewak dan Sandauw, Papua Nugini (PNG) jika datang ke kota ini untuk mempelajari tentang pertanian. 

Kepala Distan Kota Jayapura, Jean Hendrik Rolo di Jayapura, Senin (3/4/2017) mengatakan pihaknya mengalami kendalan bahasa karena PNG menggunakan bahasa Inggris Fiji. Meski demikian, tetap diupayakan penerjemah bagi kedua pihak. 

“Apabila tahun 2017 kedua provinsi tersebut mengirimkan masyarakatnya, kami siap melatih mereka asalkan mereka akan berkomunikasi dengan Bagian Perbatasan di Kota Jayapura sebagai koordinator untuk mengkoordinir bidang teknis ini,” katanya. 

Kota Jayapura dan PNG menjalin kerja sama bidang pertanian sejak 2013 – 2016. Dengan penandatangan MoU Kota Jayapura dengan Provinsi Wewak dan Sandaun dua provinsi ini berkesempatan belajar tentang pengembangan sektor pertanian di Jayapura. 

“Mereka datang ke Kota Jayapura belajar tentang budidaya tomat, cabai dan mengintegrasikan produk lokal dengan modern, bagaimana budidaya padi dan bagaimana menggunakan traktor. Karena perkembangan komoditas di Kota Jayapura jauh lebih maju dari Wewak dan Sandaun,” katanya. 

Menurutnya Pemerintah Sandaun dan Wewak akan mengirim pemuda-pemuda dari Kampung Lido, Waromo, Yako dan sekitarnya untuk belajar di Kota Jayapura. 

“Terakhir bupati Wewak datang tahun 2016 melihat penataan irigasi. Tertarik membuat irigasi, cek dam mengairi luasan 10-20 hektare. Teknik untuk membuat Chek Dump. Di Dinas Pertanian punya SDM yang penting debit air diangkat kemudian dengan elivasi dan mengiri ke sawah. Tapi tergantung apakah di Wewak mempunyai lokasi untuk irigasi atau tidak,” katanya. 

Kepala Bagian Perbatasan Antar Negara Dinas Perbatasan Kota Jayapura, Erix Merauj mengatakan, Dinas Perbatasan Kota Jayapura menjajaki kerja sama pertanian dengan Pemerintah PNG guna meningkatkan perekonomian.

“Kami melibatkan pemerintah di Distrik Muara Tami untuk memberikan pendampingan. Harapannya, jika pulang ke negaranya, warga PNG dapat membuka lahan pertanian untuk bercocok tanam, sehingga menumbuhkan perekonomian,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Daniel Pahabol imbau masyarakat jaga lingkungan hidup

Selanjutnya

Solpap putar film perjuangkan hak mama-mama 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua