PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Legislator akan minta masyarakat palang jalan trans Papua
  • Selasa, 04 April 2017 — 18:13
  • 1631x views

Legislator akan minta masyarakat palang jalan trans Papua

"Kalau belum diselesaikan, kami akan suruh masyarakat palang sampai pembayaran selesai dilakukan," kata Decky kepada Jubi, Selasa (4/4/2017).
Peta Pembangunan Trans Papua - Dok. Bappenas
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Paniai, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Mimika dan Nabire, Decky Nawipa mengingatkan perusahaan yang mengerjakan pembangunan jalan trans Papua dari Enarotali, Paniai ke Sugapa, Intan Jaya segera memenuhi tuntutan masyarakat empat kampung di Paniai untuk membayar ganti rugi material senilai Rp3 miliar untuk dua lokasi.

Kata Decky, jika tidak, ia akan meminta masyarakat memalang jalan. Dalam reses beberapa pekan kedepan, pihaknya akan ke daerah mengecek.

"Kalau belum diselesaikan, kami akan suruh masyarakat palang sampai pembayaran selesai dilakukan," kata Decky kepada Jubi, Selasa (4/4/2017).

Menurutnya, masyarakat tidak meminta pembayaran ganti rugi ulayat. Masyarakat paham, pembangunan jalan untuk kepentingan mereka juga. Masyarakat hanya meminta ganti rugi material. Sejak 2016, masyarakat telah menyurati DPR Papua. Ketika itu, ia dan rekannya, Laurenzus Kadepa bersama Komisi IV yang membidangi infrastruktur telah mengundang pihak terkait. Di antaranya Dinas PU Papua dan Balai Jalan Wilayah Papua.

"Sampai hari ini, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat belum menyelesaikan pembayarannya," ujarnya.

Katanya, nominal yang diminta masyarakat adat tidak seberapa dibanding jika masyarakat menghitung harga material per truk yang bisa mencapai puluhan miliar.

"Saya dan Laurenzus Kadepa yang diberi tanggung jawab masyarakat menyelesaikan tuntutan mereka. Bukan lagi berhadapan dengan masyarakat, tapi berhadapan dengan kami," katanya.

Legislator Papua lainnya dari daerah pemilihan Paniai dan sekitarnya, Laurenzus Kadepa mengatakan, masyarakat Kampung Dauwagu, Yabomaida dan Toyaimoti, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, sejak tahun lalu mendesak Dinas PU Papua dan PT Modern segera memenuhi tuntutan itu.

“Masyarakat kata dia, bukan tidak mendukung pembangunan. Hanya ingin hak-hak mereka dihargai. Jangan seolah perusahaan dan pihak terkait seakan tidak peduli,” tegasnya. (*)

Sebelumnya

SHDRP Minta Pemprov bantu bebaskan Yosep Paragaye

Selanjutnya

Igir Alqatiri: Pokja Papua seperti pahlawan kesiangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua