Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Kerjasama polisi dengan Indonesia, tak pengaruhi sikap Solomon soal West Papua
  • Rabu, 05 April 2017 — 07:36
  • 2134x views

Kerjasama polisi dengan Indonesia, tak pengaruhi sikap Solomon soal West Papua

Oleh karena itu, lanjutnya, terkait kerjasama kepolisian ini, jika hal itu dilihat berkesesuaian dengan kebijakan kami dan baik bagi kepolisian Royal Solomon Islands Police Force maka hal itu bisa diterima," kata dia.
Menteri Luar Negeri Solomon Milner Tozaka - IST
RNZI
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kepulauan Solomon menegaskan posisinya bahwa persoalan West Papua terpisah dari rencananya terkait kerjasama kepolisian dengan Indonesia.

Bersama Vanuatu, Kepulauan Solomon telah menjadi pendukung paling kuat bagi hak penentuan nasib sendiri masyarakat asli West Papua dan dihentikannya pelanggaran HAM di Papua.

Indonesia memiliki status sebagai anggota associate di Melanesian Spearhead Group dan terus menentang permohonan United Liberation Movement for West Papua, yang memiliki status peninjau, untuk keanggotaan penuh di MSG.

Masalah keanggotaan ini sudah menyebabkan perbedaan tajam di internal MSG dengan pemerintah Papua Nugini dan Fiji yang mendukung Indonesia, sementara Kepulauan Solomon dan Vanuatu mendukung ULMWP.

Dukungan atas keterwakilan West Papua di MSG dilandasi oleh perhatian regional terkait laporan pelanggaran HAM di Papua oleh aparat kepolisian dan militer.

Dalam situasi itulah pengumuman baru-baru ini oleh Menteri Kepolisian Kepulauan Solomon terkait rencana kepolisian mempererat kerjasama dengan kepolisian Indonesia melahirkan pertanyaan mengenai kelanjutan sikap negeri itu atas West Papua.

Namun Menteri Luar Negeri Solomon Milner Tozaka menegaskan bahwa kerja sama apapun dengan Indonesia ada dalam skema hubungan bilateral yang saat ini ada dan tidak akan mengompromikan posisi negeri itu terhadap West Papua.

"Kami punya kebebasan memelihara hubungan baik dengan negara manapun,” ujar Tozaka.

Oleh karena itu, lanjutnya, terkait kerjasama kepolisian ini, jika hal itu dilihat berkesesuaian dengan kebijakan kami dan baik bagi kepolisian Royal Solomon Islands Police Force maka hal itu bisa diterima," kata dia.(*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Alokasi anggaran daerah untuk pendidikan, terkecil di Provinsi Papua

Selanjutnya

Dainius Puras khawatirkan penyebaran HIV/AIDS di Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe