PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Program kawasan komoditi pertanian disiapkan Pemkab Jayawijaya
  • Rabu, 05 April 2017 — 14:17
  • 690x views

Program kawasan komoditi pertanian disiapkan Pemkab Jayawijaya

Pemerintah telah menetapkan 10 lokasi pada 10 distrik sebagai lokasi pertanian sayur mayur. Kepala Bidang Tanaman Holtikultura pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Jayawijaya, Yudhalara Monim mengatakan pemilihan 10 lokasi tersebut dengan pertimbangan lokasinya yang berada dekat daearah aliran sungai (DAS). 
Aktivitas warga saat bekerja di kebun Di Distrik Muliama, Kabupaten Jayawijaya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Untuk menjawab tingginya permintaan sayur mayur di Kabupaten Jayawijaya, Pemerintah Daerah ini berencana menerapkan program kawasan komoditi dalam tahun ini di 10 distrik.  Beberapa tahun terakhir, kebutuhan sayur mayur di daerah ini didatangkan dari luar Jayawijaya.

Pemerintah telah menetapkan 10 lokasi pada 10 distrik sebagai lokasi pertanian sayur mayur. Kepala Bidang Tanaman Holtikultura pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Jayawijaya, Yudhalara Monim mengatakan pemilihan 10 lokasi tersebut dengan pertimbangan lokasinya yang berada dekat daearah aliran sungai (DAS). 

Menurut Monim, salah satu penyebab terjadinya krisis sayuran di Jayawijaya karena belum ada tenaga kerja khusus yang berprofesi sebagai petani sayur di Jayawijaya. 

Menurutnya, beberapa petani sayur yang dulunya rajin berkebun sayur kini telah beralih profesi sehingga ketersediaan lahan sayur di Jayawijaya semakin berkurang dan mempengaruhi ketersediaan sayur di pasaran.  

“Pertama itu petani sayur tidak ada, padahal dukungan pemerintah cukup banyak. Lalu, masih banyak yang bertanya pasar di mana untuk menjual hasilnya dan ini dua masalah pokok,” kata Monim, Senin (3/4/2017).  

Kepala Seksi Produksi Hortikultura Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jayawijaya, Irmayanti menjelaskan pihaknya akan berupaya meningkatkan dan mengembangkan komoditi unggulan sesuai potensi lahan daerah setempat. 

Irmayanti menyebutkan komoditi unggulan di Jayawijaya adalah cabe rawit, sayur kol, bunga kol, buncis, sayur sawi. “Selain itu pengembangan bawang merah serta jenis–jenis buah yang dapat dikembangkan di Jayawijaya akan terus didorong,” katanya. 

Irmayanti berujar, pihaknya telah menyiapkan tenaga ahli yang siap bekerja di lapangan dengan melibatkan tenaga penyuluh, untuk mendampingi setiap program dan kegiatan yang berkaitan dengan hortikultura. 

Ketua STIPER Petra Balim Fredrik Rumbiak mendukung dan memberikan apresiasi kepada pemerintah Jayawijaya yang siap mernerapkan program kawasan komoditi di daerah itu. 

Fredrik merespon positif atas program pemerintah tersebut. Menurutnya itu merupakan langkah tepat untuk mengembangkan lahan pertanian di Kabupaten Jayawijaya. 

“Pihak perguruan tinggi siap bekerjasama dalam upaya penerapan program kawasan komuditi di Kabupaten Jayawijaya,” ujarnya. (*)

Sebelumnya

Pemkab Jayawijaya siapkan lahan pembangunan RS di Muliama

Selanjutnya

Wabup Yalimo: SK pelantikan bupati sudah di tangan Gubernur Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua