Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Turnamen Bupati Yahukimo Cup, ajang pencarian bibit PON 2020
  • Rabu, 05 April 2017 — 18:16
  • 1649x views

Turnamen Bupati Yahukimo Cup, ajang pencarian bibit PON 2020

“Walaupun PON 2020  kami tidak menjadi tuan rumah,tapi kami siap menyumbangkan atlet lewat pembinaan generasi muda Yahukimo,” kata Bupati Abock Busup.
PSM Putra dan Sengsol Putra saat berhadapan di babak di 48 Besar,  lapangan Yahukimo Bangkit - Jubi/Piter Lokon
Piter Lokon
piter@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Memperingati setahun kepemimpinan Bupati Yahukimo Abock Busup, MA dan Wakil Bupati Yulianus Heluka, SH, Pemerintah Kabupaten setempat menyelenggarakan Turnamen empat cabang olahraga bertajuk Bupati Cup.
Empat cabang olahraga yang dipertandingkan adalah sepakbola putra dan putri, bola voli putra dan putri, tinju dan lari 10 kilometer (10K).

Bupati Yahukimo Abock Busup, MA saat menyaksikan turnamen tersebut yang berlangsung di lapangan Yahukimo Bangkit mengatakan melalui kegiatan olahraga tersebut pemerintah Kabupaten Yahukimo menyiapkan atlet muda yang siap disumbangkan pada penyelenggaraan PON 2020.

“Walaupun pada PON 2020  kami tidak menjadi tuan rumah, tapi kami siap menyumbangkan atlet lewat pembinaan generasi muda Yahukimo,” ujar Bupati Abock.

Bupati Abock tampak senang dengan animo peserta yang mengikuti lomba, maupun warga yang datang menoton pertandingan yang berlangsung. “Pemerintah daerah telah menyiapkan hadiah bagi pemenang berupa Piala Bergilir dan Piala Tetap juga Dana Pembinaan. Kedepan turnamen ini akan dilaksanan secara rutin setiap tahunnya,” katanya.

Selain menyiapkan atlet untuk PON 2020, Bupati Abock Busup menambahkan bahwa turnamen itu juga juga merupakan ajang untuk menyiapkan para atlet, khususnya sepakbola untuk bermain pada Yahukimo FC. Selama ini klub yang bermain di Divisi Utama itu bermain dengan pemain-pemain kontrakan dari luar Kabupaten Yahukimo.

“Dengan ajang sepakbola seperti ini, anak-anak Yahukimo dapat diseleksi untuk bisa bermain di Yahukimo FC,” ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yahukimo, Mari Mirin saat membuka turnamen tersebut dalam sebuah upacara pembukaan, Sabtu (25/3/2017), mengatakan sesuai visi dan misi daerah, Yahukimo bangkit, mandiri dan sejahtera, maka diperlukan kebangkitan para atlet di kabupaten tersebut.

“Turnamen Bupati Yahukimo Cup untuk menggali potensi yang terpendam di balik gunung ini,” katanya.

Turnamen tersebut diikuti oleh 48 tim sepakbola putra dan putri, 48 tim bola voli putra dan putri, lima sasana tinju dan ratusan orang pada lomba lari 10 kilometer. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andreas Gobai yang juga panitia Bupati Yahukimo Cup mengatakan seluruh pertandingan menggunakan sistem gugur.

“Harapan panitia untuk dapat menggali potensi adik-adik di sini. Tapi karena klub yang mendaftar begitu banyak dan waktu yang terbatas akhirnya kami putuskan menggunakan sistem gugur,” katanya.

Karena turnamen ini merupakan turnamen pertama, Andreas mengaku cukup kaget melihat respon masyarakat yang begitu luar biasa. Sehingga tujuan awal panitia untuk mencari bibit  dan potensi daerah kemungkinan tidak tercapai maksimal.

“Kalau babak penyisihan satu kali kalah get out, bagaimana dapat menggali skill adik-adik kita ini? Tapi adik-adik tidak usah khawatir, pada ulang tahun kabupaten Desember nanti, kami akan gelar turnamen lagi. Saat itu sistem pertandingan akan kami buat lebih baik lagi,” ujar Andreas Gobai.

Wakil Ketua Panitia Turnamen Bupati CUP 2017, Panus Yahuli menambahkan turnamen seperti ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Yahukimo. Sebelumnya ada turnamen HPMY Cup yang diselenggarakan oleh Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo Sejawa dan Bali pada tahun 2016 dan 2017

Panus Yahuli menjelaskan bukti keseriusan perhatian pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati Yahukimo Abock Busup, MA dan Wakil Bupati Yulianus Heluka, SH dalam bidang olahraga dengan memberikan perhatian penuh pada turnamen tersebut. Bantuan dana pertama tahun 2016 diberikan Bupati Yahukimo, Abock Busup senilai Rp100 juta. Pada turnamen Kedua Tahun 2017 Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka memberikan bantuan senilai Rp100 juta.

“Awalnya yang kalah langsung baku pukul. Tapi setelah ada turnamen dengan aturan yang dibuat panitia sedemikian rupa, peserta mulai mengerti dan berpikir positif.  Akhirnya mental fair play dapat tumbuh diantara peserta,” tuturnya.

Ia pun berharap tujuan dari turnamen ini dapat tercapai dan terukur. Kedepan Yahukimo tidak perlu mengontrak pemain untuk mewakili kabupaten tersebut, tetapi justru mempromosikan pemain lokal ke tingkat provinsi maupun nasional.

“Seperti Very Pahabol dan Eneko Pahabol. Mereka itu anak Yahukimo yang menjadi pilar Tim Persipura, tim terbaik di Indonesia. Itu harapan kami,” ujar Panus.

Tomy Sub seorang pemain dari Kimyal FC mengatakan untuk mengikuti turnamen ini, ia dan kawan-kawan sudah mempersiapkan diri hampir sebulan terakhir.

“Akhirnya tiap sore kami latihan di dekat bandara. Tra putar-putar tra jelas,” katanya.

Ia berharap pemerintah menetapkan jadwal yang jelas, turnamen apa saja yang akan digelar dan cabang olahraga apa saja yang akan dipertandingkan, agar ia dan teman-temannya bisa menyiapkan diri lebih baik lagi dalam menghadapi setiap turnamen.

“Di sini belum ada sekolah sepak bola. Jadi kalau ada jadwal yang baik, kami bisa siapkan diri juga,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tak punya komputer, 3 SMK di Paniai ikut UNKP

Selanjutnya

BPBD Jayawijaya himbau masyarakat waspada longsor dan banjir

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe