Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Akan akreditasi dua puskesmas, tim Jayawijaya studi ke Jayapura
  • Rabu, 05 April 2017 — 18:22
  • 976x views

Akan akreditasi dua puskesmas, tim Jayawijaya studi ke Jayapura

“Kita masih bingung dan kebetulan di Jayapura ini kan sudah ada puskesmas yang akan terakreditasi, yaitu Puskesmas Kampung Harapan, ini bukan sesuatu yang biasa-biasa saja tetapi ini sudah perjuangan yang luar biasa," kata Tusiman kepada Jubi Senin (3/4/2017).
Kepala Puskesmas Kampung Harapan memberikan penjelàsan kepada staf Puskesmas Wamena dan Puskesmas Yilekma - Jubi /Yance Wenda.
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya akan mengakrditasi dua puskesmas di Jayawijaya, Puskesmas Wamena Kota dan Puskesmas Yilekma, untuk menuju pelayanan standar.

Tim akreditasi puskesmas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Tusiman mengatakan, untuk proses tersebut pengelola kedua puskesmas diajak studi banding ke Puskesmas Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura yang sudah terakreditasi.
 
“Kita masih bingung dan kebetulan di Jayapura ini kan sudah ada puskesmas yang akan terakreditasi, yaitu Puskesmas Kampung Harapan, ini bukan sesuatu yang biasa-biasa saja tetapi ini sudah perjuangan yang luar biasa," kata Tusiman kepada Jubi Senin (3/4/2017).
 
Ia menyebutkan, studi banding berlangsung dua hari, Senin-Selasa (3-4/4/2017). Pesertanya 12 orang, masing-masing tiga orang dari puskesmas dan sisanya dari Dinas Kesehatan Jayawijaya.
 
Tim memilih belajar ke Puskesmas Kampung Harapan dibanding ke luar Papua, karena pelayanan dan kondisi yang dihadapi mirip, dibanding puskesmas di luar Papua.
 
Menurut Tusiman, pihaknya sudah mempersiapkan proses akreditasi kedua puskesmas, namun banyak yang perlu dilengkapi.
 
"Kami memang sudah ada pembimbingan melalui workshop, cuma dalam implementasi ini kan banyak dokumen yang perlu disiapkan untuk itu kami belajar di Puskesmas Harapan, tujuanya mempelajari bagaimana mereka mendapatkan akreditasi puskesmas itu," katanya.
 
Jayawijaya, katanya, 2017 ini mengusulkan dua puskesmas untuk diakreditasi. Jika berjalan baik selanjutnya kurang lebih 18 puskesmas akan menyusul.

Kepala Puskesmas Kampung Harapan drg. Adi Kurniawan mengatakan, menyampaikan materi terkait akreditasi puskesmas berdasarkan pengalaman kepada tim dari Jayawijaya. 
 
"Jumlah tenaga kami 24 orang, kami melakukan penataan ruangan, membangun ruangan, ada ruang tunggu, menyediakan kotak saran dan terlebih limbah puskesmas tidak dibuang sembarang, dari setiap ruangan dipasang paralon untuk limbah dan limbah ini kami kasih gabus dan batu, dan air limbah disiram pembunuh bakteri dan air yang keluar juga harus jauh dari sumur," jelasnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Berantas Tuberculosis, Sentani Timur ketok pintu 230 rumah

Selanjutnya

RSUD Abepura kekurangan obat-obatan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe