Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Calon Daerah Lumbung Padi, Abock Panen Padi Perdana di Yahukimo
  • Jumat, 30 September 2016 — 07:34
  • 820x views

Calon Daerah Lumbung Padi, Abock Panen Padi Perdana di Yahukimo

Bupati Yahukimo Abock Busup di dampingi Kepala Dinas Sosial Burhanuddin Hamisi dan tiga anggota DPRD Kabupaten Yahukimo saat panen padi perdana di lokasi Gereja GBI Dekai, Jalan Lokbon, Distrik Dekai. – Jubi/Piter Lokon
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Yahukimo, Jubi - Bupati Yahukimo Abock Busup beserta anggota DPRD Yahukimo melakukan panen padi perdana di atas lahan seluas 1 hektare, pada Selasa (27/9/2016). Kini, daerah dengan dataran luas itu dicanangkan sebagai kota lumbung padi di kawasan pegunungan tengah Papua.

Bupati Abock mengatakan, wilayah pemerintahannya itu memiliki potensi pertanian yang mumpuni. Selain untuk membantu masyarakat di daerahnya, ia menyatakan sangat siap menjadi daerah penghasil beras dan mendistribusikannya ke berbagai daerah, khususnya di kawasan pegunungan tengah.

“Panen padi ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat dan daerah Yahukimo bias diandalkan, kita bias hasilkan padi dan kirim beras ke daerah lain,” kata bupati Abock usai panen padi perdana di sawah, Jalan Lokbon, samping Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jemaat Dekai, Selasa.

Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi Yahukimo pada pertengahan bulan depan. Menurut Abock, persawahan tersebut akan menjadi salah satu lokasi yang akan ditinjau Jokowi, selain Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

Mulai Dari Jemaat

Pengelola persawaan, Yohanes Sandalenbang, mengatakan tak bisa dipungkiri lagi bahwa beras menjadi bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya menggerakan anggata jemaat di gereja n itu untuk memanfaat lahan yang ada untuk bersawah.

Ia menjelaskan, mula-mula, jemaat dilatih menanam padi di lahan yang telah digarap, kemudian merawatnya selama masa pertumbuhan, hingga akhirnya panen, setelah lima bulan.

“Kami awali dari gereja untuk tanam padi dengan harapan jemaat GBI secara khusus dan lebih luas kepada masyarakat Yahukimo bisa tahu tanam padi, tidak hanya kami agar berguna untuk  masa depan kita semua,” ucap Yohanes.

Bupati Abock mengapresiasi semangat kerja yang dibuktikan dengan panen tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Jemaat Gereja Bethel Indonesia di Yahukimo yang menanam padi ini, ia menjadi percontohan  di wilayah ini. Saya harap di waktu-waktu mendatang, kita lebih baik dan siap untuk menjadi daerah lumbung padi di kawasan pegunungan Tengah Papua,” katanya. (Piter Lokon)

loading...

Sebelumnya

Tim pemenangan Wetipo dibentuk, Kepala Distrik dan Kampung diultimatum

Selanjutnya

Kabupaten Pegunungan Bintang “wajib hidup sehat”

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe