Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Menteri PPPA dorong bangun lapas anak di Papua
  • Jumat, 07 April 2017 — 08:15
  • 794x views

Menteri PPPA dorong bangun lapas anak di Papua

Menteri PPPA RI, Yohana Susana Yembise dalam lawatan pertamanya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas I A Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (6/4/2017) mengatakan, dirinya ingin melihat dari dekat kondisi tahanan anak dan perempuan. 
Menteri PPPA, Yohana Susana Yembise ketika memberikan cenderamata kepada Kepala Lapas Narkotika Doyo Baru – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia mendorong pembangunan lembaga pemasyarakatan (lapas) anak dan perempuan di Papua.

Menteri PPPA RI, Yohana Susana Yembise dalam lawatan pertamanya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas I A Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (6/4/2017) mengatakan, dirinya ingin melihat dari dekat kondisi tahanan anak dan perempuan. 
 
“Ternyata para perempuan di lapas ini mendapatkan perlakukan yang baik. Saya juga sudah pesan kepada petugas agar terus memperlakukan mereka dengan baik,” katanya. 

Ia mengaku sudah mengunjungi sejumlah lapas di Indonesia, termasuk Papua. Oleh sebab itu, pemerintah setempat didorong untuk membangun lapas khusus anak dan perempuan. 

“Di beberapa lapas yang saya kunjungi, memang masih terlihat anak-anak di bawah umur digabung menjadi satu dalam lapas. Oleh sebab itu, PPPA berkoordinasi dengan Kemenkumham sepakat tahun lalu untuk memisahkan anak-anak dari lapas umum,” katanya. 

Ia berharap lapas anak dan perempuan segera dibangun mengingat di daerah lain, seperti Palembang, Sumatera Selatan, sudah memiliki lapas anak, bahkan tahanan anak mendapat pendidkan yang layak. 

“Waktu saya kesana, mereka sedang mengikuti ujian sekolah,” kata mantan dosen FKIP Universitas Cenderawasih (Uncen) ini. 

Kepala Lapas Narkotika Doyo Baru, Widodo mengatakan, jumlah warga binaannya di lembaga ini melebihi kapasitas. Seharusnya lapas ini menampung 308 binaan. Namun kini jumlahnya 318 orang. 

Ia pun menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Yohana, sebab sebelumnya kunjungan serupa dilakukan Menteri Hukum dan HAM. 

“Dari sisi pelayanan kami terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi warga binaan kami. Hanya saja jumlahnya melewati batas normal,” katanya. 

Pihaknya berharap kunjungan Menteri Yohana kali ini memberikan masukan-masukan terkait pembinaan terhadap warga binaan. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemkab Jayapura akan tingkatkan pelayanan e-government

Selanjutnya

Pemkab Jayapura terus dorong fungsi kampung adat 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe