PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. 19 kadistrik tersangka, Legislator: Ada apa?
  • Jumat, 07 April 2017 — 08:27
  • 605x views

19 kadistrik tersangka, Legislator: Ada apa?

"Ini sepertinya ada upaya kriminalisasi terhadap kepala distrik. Ini untuk kepentingan siapa. Pilkada di Kabupaten Jayapura tidak sampai menimbulkan konflik di masyarakat. Tidak sampai ada korban jiwa seperti di Intan Jaya," kata Kadepa ketika menghubungi Jubi, Kamis (6/4/2017).
Ilustrasi Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Jayapura - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa mempertanyakan ditetapkannya 19 kepala distrik (kadistrik) di Kabupaten Jayapura sebagai tersangka oleh Gakkumdu terkait kisruh Pilkada setempat.

Ia mengatakan,keterlibatan kepala distrik dalam Pilkada, bukan hanya di Kabupaten Jayapura. Hampir semua wilayah yang melaksanakan Pilkada juga mengalami hal yang sama.

"Ini sepertinya ada upaya kriminalisasi terhadap kepala distrik. Ini untuk kepentingan siapa. Pilkada di Kabupaten Jayapura tidak sampai menimbulkan konflik di masyarakat. Tidak sampai ada korban jiwa seperti di Intan Jaya," kata Kadepa ketika menghubungi Jubi, Kamis (6/4/2017).

Ia tidak mengintervensi proses hukum yang dilakukan kepolisian. Katanya, itu hak institusi Polri. Namun ia merasa perlu menyikapi dinamika yang kini terjadi.

"Kalau mau tegas, tegas sekalian. Usut juga di kabupaten lain. Jangankan kepala distrik, di beberapa kabupaten diduga ada kepala dinas terlibat Pilkada. Tapi tidak diusut," ujarnya.

Ia membenarkan yang dikatakan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bahwa ada upaya kriminalisasi terhadap kadistrik. Karena secara umum Pilkada Jayapura berjalan tanpa hambatan. Kalaupun ada dugaan pelanggaran, penyelenggara telah merekomendasikan PSU, yang kini terkendala anggaran.

"Lihat kabupaten lain. Bahkan sampai ada 18 distrik dan enam distrik yang harus melakukan PSU. Menegakkan aturan itu penting, tapi kenapa hanya di Kabupaten Jayapura," katanya.

Sebelumnya, Gakkumdu mentersangkakan 19 kadistrik di Kabupaten Jayapura. Lima orang ditangkap di tiga lokasi berbeda sehari sebelumnya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menilai seharusnya pihak kepolisian tidak terlalu agresif menyikapi masalah 19 kadistrik itu.

"Ini sebuah langkah terlalu jauh yang diambil pihak keamanan di daerah," kata Mathius. (*)

Sebelumnya

Faktor ekonomi penyebab hutan daun sagu berganti atap seng

Selanjutnya

Kadis PU Papua nyagub? Akademisi: Tidak etis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua