Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Bupati Abock: Bantuan keagamaan lewat satu pintu 
  • Sabtu, 08 April 2017 — 13:32
  • 1378x views

Bupati Abock: Bantuan keagamaan lewat satu pintu 

Melalui aturan baru tersebut, Pemerintah hanya menyalurkan bantuan keagamaan melalui lembaga/pengurus setiap lembaga yang terdaftar. Contoh untuk GIDI, Pdt. Menas menjelaskan semua kebutuhan jemaat dari kota hingga kampung harus dilaporkan melalui pengurus gereja GIDI wilayah Yahukimo. 
Bupati Yahukimo Abock Busup – Jubi/Yuliana Lantipo
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Pemerintah dan lembaga keagamaan di Kabupaten Yahukimo telah bersepakat untuk memperbaiki alur pendistribusian bantuan keagamaan. “Ini juga sebagai kontrol, tidak ada yang mengatasnamakan gereja dan jemaat minta-minta bantuan,” kata Ketua GIDI Wilayah Yahukimo, Pendeta Menas Dave Mirin, akhir Maret lalu. 

Melalui aturan baru tersebut, Pemerintah hanya menyalurkan bantuan keagamaan melalui lembaga/pengurus setiap lembaga yang terdaftar. Contoh untuk GIDI, Pdt. Menas menjelaskan semua kebutuhan jemaat dari kota hingga kampung harus dilaporkan melalui pengurus gereja GIDI wilayah Yahukimo. 

“(Jika) ada kegiatan fisik yang dilakukan gereja, seperti pembangunan gedung gereja, buka lapter, atau kantor klasis, aula, itu pemerintah tidak bisa menerima proposal langsung. Tapi melalui gereja. Gereja setuju, ACC dulu baru Pemerintah bisa dukung,” katanya. 

Pdt. Menas berpendapat hubungan pemerintah dengan gereja sangat baik dengan saling menolong. Ada hal-hal yang bisa diselesaikan oleh pemerintah dan ada juga oleh gereja. 

Menurutnya dengan adanya bantuan langsung tersebut, pengurus pada GIDI tingkat wilayah Yahukimo dengan leluasa dapat menjalankan program-program yang telah dibuat, tentu dengan dukungan dana yang tersedia. 

“Salah satunya, kunjungan langsung BPP GIDI saat ini. Kita bisa panggil mereka datang ke 19 klasis di Yahukimo. Itu satu bukti nyata dimana kami merasa ada dukungan,” ucap pendeta, yang mengaku baru pertama ini, dengan dukungan Pemerintah, bisa mengundang unsur pimpinan BPP GIDI dan staf melakukan seminar dan KKR. Mereka berjumlah 25 orang. 

Kunjungan dalam rangka seminar dan KKR tersebut berlangsung seminggu, mulai 11-18 Maret 2017. Melalui kegiatan ini, ada pelayanan yang bisa langsung menyentuh jemaat sampai di kampung. 

Jemaat-jemaat dari setiap suku besar dipusatkan di distrik terdekat untuk memudahkan pelayanan tersebut. GIDI Wilayah Yahukimo memiliki 300 jemaat yang tersebar dihampir semua suku besar yang mendiami daerah ini. 

Untuk jemaat dari bagian utara, suku Mek, di pusatkan di Distrik Nalca. Kemudian, jemaat dari suku Kimyal dipusatkan di Distrik Korupun. Lalu, untuk suku Yali bagian selatan, di Ninia, namun karena pesawat tidak bisa masuk sehingga dialihkan di Distrik Holuwon. Selanjutnya, suku Hubla dipusatkan di Distrik Soba. Dan, terakhir suku Momuna dipusatkan di ibu kota Kabupaten, Dekai.  

Atas perhatian Pemerintah daerah itu, Pdt. Menas mengaku senang dan merasa terjalin kerjasama yang baik. “Menurut kami luar biasa. Pemerintah, seperti kata Firman. Paulus menanamkan, Silas menyiram. Dan Tuhan yang memberi pertumbuhan.

Demikian pula harapan kami pada kerjasama yang baik ini. Pemerintah sebagai mitra gereja dalam pembangunan Tubuh Kristus. Kita tidak bisa beri kesempurnaan, tapi kebersamaan ini menolong umat Tuhan di Yahukimo untuk bisa tumbuh rohaninya,” ucap pendeta.  

Terpisah, Bupati Abock Busup mengatakan penyaluran bantuan keagamaan hanya lewat satu pintu, yakni melalui pengurus masing-masing lembaga agama yang sudah terdaftar. 

Ia juga menegaskan telah memerintahkan stafnya untuk mengontrol pemberian bantuan tersebut agar tepat sasaran.  

“Untuk semua denominasi gereja yang sudah terdaftar. Kita tidak bisa terima perorangan, harus melalui pengurus resmi biar jelas, terkontrol. Gereja adalah mitra Pemerintah jadi kami juga konsen untuk itu,” tegas Bupati Abock. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Indisipliner, puluhan anggota Polres Puncak Jaya tidak digaji

Selanjutnya

Masyarakat kampung berlatih teknologi tepat guna

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe