Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Suku Yerisiam Gua minta PT Nabire Baru tidak provokasi media
  • Minggu, 09 April 2017 — 18:50
  • 2093x views

Suku Yerisiam Gua minta PT Nabire Baru tidak provokasi media

“Saya lihat beberapa waktu belakangan ini, media lokal di Nabire membuat pemberitaan yang terkesan provokatif, dan ingin membalik fakta sebenarnya,” ujar Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, Daniel Yarawobi  kepada Jubi di Nabire, Sabtu (8/4/2017).
Masyarakat adat Yerisiam Guan dalam pertemuan dengan RSPO beberapa waktu lalu – Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Nabire, Jubi – Suku Yerisiam Gua Minta PT.Nabire Baru dan pihak lain tidak memprovokasi situasi dan memperkeruh suasana.

“Saya lihat beberapa waktu belakangan ini, media lokal di Nabire membuat pemberitaan yang terkesan provokatif, dan ingin membalik fakta sebenarnya,” ujar Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, Daniel Yarawobi  kepada Jubi di Nabire, Sabtu (8/4/2017).

Daniel meminta meminta kepada PT. Nabire Baru untuk agar tidak memprovokasi persoalan yang masih dalam tahap penyelesaian oleh RSPO melalui mekanisme Dispute Settlement Fasility (DSF).

“Saya Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, mewakili masyarakat Adat yang dilindungi oleh Negara ini, sesuai Pasal 18B ayat (2) UUD 1945 bahwa Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat, serta hak-hak tradisonalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat, dan prinsip NKRI yang diatur dalam undang-undang,” katanya.

Terpisah, Sekertaris Suku Yerisiam Gua, Tino Hanebora mengatakan, Seharusnya PT.Nabire Baru jangan, buat pemberitaan di media lokal yang tambah memperkeruh persolan yang sedang di tingkat RSPO dalam mekanisme DSF.

“Kalau seperti begini, kami masyarakat bisa saja membatalkan proses DSF tersebut karena tak menghargai proses RSPO yang sedang berlangsung,” katanya.

Menurutnya masyarakat adat sudah berkomitmen dengan mekanisme DSF yang ditawarkan RSP0. “Jadi PT.Nabire Baru harus menghargai itu, sehingga kemelut ini bisa terselesaikan,” katanya.

Dalam beberapa hari terakhir ini, PT. Nabire Baru membuat pemberitaan pada media lokal di Kota Nabire. Suku Yerisiam menilai berita tersebut tidak faktual, karena terjadi beberapa tahun lalu.

Tino meminta media harus menulis sesuai dengan fakta dan kondisi yang sedang terjadi saat. Dan mengikuti perkembangan yang sedang berlangsung. “Jangan buat pemberitaan yang akan mengundang masalah baru,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

BFC datangi DPRD Nabire keluhkan pemadaman listrik

Selanjutnya

TMMD bangun rumah di Kampung Serewen, Yapen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe