Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Masyarakat kampung berlatih teknologi tepat guna
  • Selasa, 11 April 2017 — 15:53
  • 1030x views

Masyarakat kampung berlatih teknologi tepat guna

Mereka dibekali tentang dasar-dasar berbagai kerajinan tangan dan diharapkan menjabarkan kreasi seni masyarakat di kampung-kampung.
Pelatihan tentang teknologi tepat guna yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Jayawijaya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi - Sebanyak 40 orang pewakilan dari lima distrik dan kampung di Jayawijaya mengikuti pendidikan dan pelatihan Teknologi tepat guna yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Jayawijaya,  di Gedung Sekolah Minggu GKI Betlehem Wamena, Senin (10/4/2017).

Mereka dibekali tentang dasar-dasar berbagai kerajinan tangan dan diharapkan menjabarkan kreasi seni masyarakat di kampung-kampung.

Asisten III Sekda Jayawijaya, Fabinus T Wuka, mewakili Bupati, dalam sambutannya menjelaskan kampung merupakan sumber kehidupan masyarakat yang didominasi sektor perekonomian. Keberhasilan perekonomian itu tentu akan mengangkat percepatan peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan dan berdampak untuk mendorong sektor lain.

“Pengembangan lembaga ekonomi pedesaan seperti yang dilakukan saat ini mutlak diperlukan, dengan harapan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan sekaligus memberikan keterampilan dalam rangka mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi produktif keluarga,”  kata Fabianus Wuka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Lenensya Manuputty meuturkan, sasaran pelatihan ini adalah masyarakat di perkampungan yang diambil dari lima distrik. 

“Yang menjadi fasilitator bagi peserta kali ini juga merupakan masyarakat yang sudah lebih dulu dilatih selama tiga tahun lama. Hasil karya masyarakat di kampung yang selama ini dilatih dan dibina, sudah banyak menghasilkan dan dipamerkan bahkan dibeli, hanya saja masih kesulitan untuk tempat berkreasi,” kata Manuputty.

Pelatihan tersebut dimulai dengan dasar-dasar, seperti buat huruf, papan nama, asbak rokok, tempat sendok, baki dan lainya. 

“Jika hal kecil seperti ini sudah dipahami masyarakat, maka ke depan masyarakat bisa membuat suatu karya lebih besar semisal membuat meja, kursi dan lainya,” harapnya. (*)

Sebelumnya

Bupati Abock: Bantuan keagamaan lewat satu pintu 

Selanjutnya

Rencana pembangunan terminal antar kabupaten terkendala lahan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe