PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Program akselerasi harus berkelanjutan
  • Selasa, 11 April 2017 — 18:31
  • 397x views

Program akselerasi harus berkelanjutan

Di Kota Jayapura baru tiga sekolah yang berhasil melaksanakan program tersebut, SMAN 4 Jayapura, SMAN 2 Jayapura, dan SMKN 3 Jayapura.
Siswa Akselerasi di SMAN 4 Jayapura sedang praktek - Jubi/ Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Program percepatan belajar (akselerasi) adalah program layanan pendidikan khusus bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa dengan penyelesaian waktu belajar lebih cepat atau hanya dua tahun.
 
Di Kota Jayapura baru tiga sekolah yang berhasil melaksanakan program tersebut, SMAN 4 Jayapura, SMAN 2 Jayapura, dan SMKN 3 Jayapura.
 
Kepala Bidang SMA dan SMK Kota Jayapura Nurhadi kepada Jubi, Selasa (11/4/2017) mengatakan, program akselerasi tersebut seharusnya berkelanjutan, namun di Kota Jayapura baru dilaksanakan di tingkat SMA.
 
“Kita tidak bisa pungkiri bahwa di Kota Jayapura baru dilaksanakan pada jenjang pendidikan SMA, saya berharap ke depan anak-anak Papua juga bisa tergabung dalam program tersebut, karena saya pernah menanyakan di sekolah-sekolah yang menjalankan program tersebut anak-anak Papua sangat minim,” katanya.
 
Minim, kata Nurhadi, karena proses seleksi awal untuk masuk ke dalam program tersebut memang cukup selektif. Seleksi pertama mulai dari nilai rapor SMP, setelah lolos seleksi nilai rapor, siswa tersebut harus menjalani serangkaian tes di sekolah yang dituju untuk bisa mengetahui apakah bakat anak tersebut lebih dominan pada mata pelajaran IPA atau IPS.
 
“Nah, di sini masih dominan program akselerasinya pada mata pelajaran IPA, minimnya anak-anak Papua masuk dalam program akan menjadi bahan evaluasi di akhir tahun ajaran tahun ini, evaluasianya dalam bentuk tanya jawab terhadap pihak sekolah, guru, dan peserta didik,” katanya.
 
Menurutnya juga akan ditanya bagaimana guru menghadapi siswa tersebut dan kenapa sampai siswa tersebut tidak bisa lolos program akselerasi.
 
“Sehingga memiliki yang regular, ini semua yang akan kami evaluasi,” ujarnya.
 
Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 4 Jayapua Subiyanto kepada Jubi mengatakan, program akselerasi di sekolahnya sudah berjalan dua tahun dan 2017 menjadi tahun ketiga. (*)

Sebelumnya

Hasil USBN jadi motivasi di UNBK

Selanjutnya

UNBK susulan siap dilaksanakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua