Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. DLH dan Uncen sosialisasi 3R di SDI Kotaraja
  • Rabu, 12 April 2017 — 08:27
  • 510x views

DLH dan Uncen sosialisasi 3R di SDI Kotaraja

“Kita tidak sebatas sosialisasi, tetapi ada juga laboratorium ilmiah untuk pemanfaatan laboratorium ilmiahnya, sehingga dengan bukti ilmiah ini para siswa bisa termotivasi dalam peningkatan belajarnya dan mempraktikkan dalam kehidupannya,” katanya di Jayapura, Selasa (11/4/2017). 
Suasana sosialisasi 3R di SDI Kotaraja, Kota Jayapura, Selasa (11/4/2017) oleh DLH Kota Jayapura dan Uncen – Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jayapura menggandeng Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk melakukan sosialisasi 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) dan pembuatan alat laboratorium IPA SD.

Kepala DLH Kota Jayapura, Ketty Kailola mengatakan, penanganan sampah melalui metode 3R ini dilakukan di SDI Kotaraja, Abepura, karena sekolah tersebut merupakan sekolah adiwiyata. 

Pihaknya membina sepuluh sekolah bagaimana pemanfaatan 3R melalui penelitian ilmiah dari Uncen yang bakal diterapkan di sekolah. 

“Kita tidak sebatas sosialisasi, tetapi ada juga laboratorium ilmiah untuk pemanfaatan laboratorium ilmiahnya, sehingga dengan bukti ilmiah ini para siswa bisa termotivasi dalam peningkatan belajarnya dan mempraktikkan dalam kehidupannya,” katanya di Jayapura, Selasa (11/4/2017). 

Audri Walikow dari Uncen yang ditemui bersamaan mengatakan, dirinya mempresentasikan alat peraga IPA dan menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami anak-anak, sehingga mereka memahami dan menyenangi konsep 3R. 

“Mereka nantinya diarahkan agar mencintai lingkungan dengan memanfaatkan sampah di lingkunaganya untuk dikelola menjadi bahan yang berguna,” katanya. 

Dikatakan, sampah bisa dikelola kembali menjadi alat-alat praktek laboratorium IPA.“Intinya ini juga sesuai dengan Kurikulum 2013,” katanya.

Selain meningkatkan pengetahuan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan karakter, soft skill untuk mencintai lingkungan, sebab hal itu juga terdapat dalam K-13. 

Menurut dia kegiatan ini juga dapat membantu sekolah tersebut dalam program adiwiyata yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan.

“Berharap ini akan tersosialisasi, bagaimana mengunakan bahan bekas yang dijadikan laboratorium IPA dan nantinya dapat dibagikan dengan sekolah lain yang ada di Kota Jayapura,” katanya.

Kepala Sekolah SDI Kotaraja, Suyati Sukmani mengatakan, kegiatan ini menjadi motivasi bagi sekolah untuk mempromosikan adiwiyata mandiri. 

“Dengan adanya dari kegiatan Uncen ini kami lebih meningkatkan lagi galeri daur ulang sampah kami,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

BPIH Kota Jayapura Rp 38 juta lebih

Selanjutnya

Guru-guru SMP se-Papua diberi penyegaran K-13

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe