Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Lapago
  3. Polres Jayawijaya antisipasi rekapitulasi ulang Pilkada Lanny Jaya dan PSU Tolikara
  • Rabu, 12 April 2017 — 19:01
  • 1585x views

Polres Jayawijaya antisipasi rekapitulasi ulang Pilkada Lanny Jaya dan PSU Tolikara

Menurut Reba, pihaknya perlu melakukan upaya preventif mengingat Jayawijaya merupakan kabupaten penyangga yang didalamnya banyak terdapat masyarakat dari kabupaten pemekaran lain di kawasan pegunungan Papua.  
Ilustrasi pencoblosan Pilkada di wilayah pegunungan tengah Papua-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba menegaskan bahwa pihaknya tetap mewaspadai adanya kemungkinan konflik jelang pelaksanaan rekapitulasi ulang Pilkada Lanny Jaya, maupun pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Tolikara.

Menurut Reba, pihaknya perlu melakukan upaya preventif mengingat Jayawijaya merupakan kabupaten penyangga yang didalamnya banyak terdapat masyarakat dari kabupaten pemekaran lain di kawasan pegunungan Papua.  

“Salah satu contoh terkait situasi dan keamanan menjelang rekapitulasi ulang dari Lanny Jaya yang sudah selesai dan tinggal tunggu pleno dan penetapan. Kemudian untuk PSU Pilkada Tolikara, kami tunggu untuk jadwal pelaksanaan pilkada ulang, itu juga membuat situasi yang kurang baik sehingga saya sudah ambil langkah untuk antisipasi rencana demonstrasi yang mungkin saja terjadi di Wamena,” kata Kapolres kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (12/4/2017).

Meski pun begitu Kapolres Jayawijaya mengaskan bahwa hingga saat ini situasi kondusif. Ia berharap pelantikan secara menyeluruh 11 kepala daerah pelaksana Pilkda 2017 bisa terlaksana dengan baik, terutama di wilayah pegunungan tengah seperti Lanny Jaya, Tolikara dan Nduga.

“Untuk pilkada di Kabupaten Nduga sendiri, pemungutan suara sudah dilaksanakan, sampai saat ini tidak ada masalah mulai dari tahapan sampai akhir semua berjalan lancar, cuma ada beberapa hal yang kemarin kami khawatirkan tidak terlaksana dengan baik terkait droping surat suara dan alat peraga, namun itu bisa berjalan dengan lancar,” terangnya.

Disisi lain, menanggapi banyaknya informasi berkembang yang mengatakan bahwa Kabupaten Lanny Jaya tidak dalam keadaan kondusif, dibantah oleh Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilat.

Sohilait menegaskan, pasca penetapan pemenang Bupati Kabupaten Lanny Jaya terpilih oleh Mahkaman Konsititusi yakni pasangan Befa Yigibalom dan Yemis Kogoya 4 April 2017, keadaan Lanny Jaya dalam keadaan kondusif dan roda pelayanan pemerintahan kepada masyarakat berjalan baik.

“Berkaitan dengan keputusan MK pada tanggal 4 terhadap sengketa Pemilu di Kabupaten Lanny Jaya serta ditindak lanjuti oleh KPU dengan pleno penetapan tanggal 7 April dan kemudian juga dilangsungkan dengan sidang pengesahan oleh DPRD mengenai Bupati terpilih di Jayapura maka dari momen-momen tersebut situasi kabupaten Lanny Jaya masih aman terkendali,” ungkap Sohilait ketika ditemui di Wamena, Selasa (11/4/2017). (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Suara pantul saat telepon, ini penjelasan Telkomsel

Selanjutnya

Ditemukan di sekitar Kopbikop, pesawat kargo yang jatuh diduga tabrak tebing

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua