PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Tim independen pemantau pilkada Papua ingatkan netralitas aparatur pada Pilgub 2018
  • Minggu, 16 April 2017 — 17:43
  • 1030x views

Tim independen pemantau pilkada Papua ingatkan netralitas aparatur pada Pilgub 2018

Menurut Albertho penilaian itu terkait pengalaman di pilkada kabupaten/kota belum lama ini. Banyak laporan masyarakat di beberapa wilayah, terutama di kabupaten Tolikara ada indikasi keterlibatan aparat dalam pelaksanaan pleno KPU.
Kordinator Umum tim Independen Pemilu Papua Albertho Wanimbo saat memberikan keterangan pers kepada wartawan - Jubi/Agus Pabika
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Tim Independen pemantau pilkada Papua, meminta aparat keamanan mengedepankan netralitas dalam pelaksanaan Pilgub 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan koordinator umum tim Independen pemantau pilkada Papua, Albertho Wanimbo kepada wartawan, Minggu (16/4/2017), di Jayapura, Papua.

Menurut Albertho penilaian itu terkait pengalaman di pilkada kabupaten/kota belum lama ini. Banyak laporan masyarakat di beberapa wilayah, terutama di kabupaten Tolikara ada indikasi keterlibatan aparat dalam pelaksanaan pleno KPU.

Belajar pengalaman tersebut, Albertho merasa hal ini sudah mencederai nilai-nilai demokrasi di Papua. Pihaknya pun berharap proses pilkada ke depan di tanah Papua berjalan dengan netral serta tidak mengorbankan salah satu pihak.

"Saya pikir demokrasi ini penting untuk kita menjaga asas dari nilai demokrasi bersama di tanah Papua, dan untuk menjaga kerukunan umat beragama serta pemuda Papua nusantara yang ada di tanah Papua ini."

Sementara itu terkait soal figur-figur yang mulai menampakkan diri sebagai calon gubernur Papua, menurut Albertho, mereka itu tentunya adalah putra-putra terbaik Papua. Sebab itu, tim independen pemantau pilkada Papua berharap kepada para senior yang maju di Pilgub atau pilkada kabupaten/kota, menanggalkan status profesinya baik itu Aparat Sipil Negara (ASN) atau aparat TNI/Polri, agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan.

Di tempat terpisah, sebelumnya legislator Papua Laurenzus Kadepa mengingatkan semua pihak agar bersaing secara sehat. Tidak saling menjatuhkan satu sama lain yang berakibat gesekan antar masyarakat.

"Paling penting jangan mengunakan isu Papua untuk kepentingan Politik," katanya belum lama ini. (*)

Sebelumnya

Komisi I DPR RI sambut kepala suku Watee dan pemilik hak ulayat tambang Nifasi 

Selanjutnya

Terkait Pilkada di Papua, komisi III DPR RI akan gelar RDP dengan Kapolri

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua