PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Wilayah Mamta perebutkan 6 kursi MRP
  • Senin, 17 April 2017 — 07:10
  • 610x views

Wilayah Mamta perebutkan 6 kursi MRP

“Kami siap memperebutkan enam kursi; dua kursi untuk Kabupaten Sarmi dan Mamberamo, untuk perempuan dan adat untuk wilayah dua. Sedangkan untuk wilayah satu itu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura yang memperebutkan empat kursi; dua adat dua perempuan,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Minggu (16/4/2017).  
Gedung Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura - Jubi/Dok. 
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Kepala Kesatuan Bangsa, Politik dan Masyarakat (Kesbangpolmas) Kota Jayapura, Evert N. Merauje mengatakan wilayah Mamberamo Tabi (Mamta) siap memperebutkan enam kursi di Majelis Rakyat Papua (MRP) dari pihak adat dan perempuan.
 
“Kami siap memperebutkan enam kursi; dua kursi untuk Kabupaten Sarmi dan Mamberamo, untuk perempuan dan adat untuk wilayah dua. Sedangkan untuk wilayah satu itu Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura yang memperebutkan empat kursi; dua adat dua perempuan,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Minggu (16/4/2017).
 
Ia mengatakan, tiga kursi yang diperebutkan dengan mudah untuk wilayah dua, sementara wilayah empat akan ada perebutan untuk satu kursi.
 
“Nanti yang dapat dua kursi apakah itu Kota atau Kabupaten Jayapura atau Keerom tergantung musyawarahnya,” katanya.
 
Evert mengharapkan dalam proses ini juga terus dilestarikan kearifan lokal. Artinya dalam musyawarah itu tidak perlu ada perdebatan.
 
“Mungkin musyawarah secara baik dan kita mendorong proses-proses seperti begitu,” katanya.
 
Sesuai jadwal yang ditentukan panitia pemilihan MRP Provinsi Papua, bulan Juni anggota tetap MRP wilayah Tabi harus sudah dipilih.
 
“Untuk jumlah keseluruhan MRP itu 51 kursi. Dari jumlah ini terjadi penambahan sesudah adanya penambahan 14 kursi dari dewan dan sangat penting sekali, karena sangat berpengaruh terhadap MRP,” katanya.
 
Ebert mengatakan, “Kursi MRP ‘kan sekarang 43 dan sesudah 14 kurus ini dia naik kepada 51. Jadi, sekarang sedang diseleksi itu 51 anggota calon MRP.” ujarnya.
 
Ia menambahkan, MRP itu penting bagi masyarakat Papua karena proses seleksi gubernur—apakah dia anak Papua asli atau bukan tergantung keputusan MRP.
 
“Kalau tidak ada MRP pencalonan gubernur juga akan terhambat. Yang berhak mengatakan ini orang asli Papua atau bukan itu hanya MRP,” katanya.
 
Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerintah adat dan masyarakat untuk memberikan dukungan, sehingga proses yang hanya berlangsung dua bulan ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. 
 
Terpisah, karteker Ketua KNPI Kota Jayapura, Benyamin Gurih mengharapkan agar pemilihan MRP wakil wilayah Mamta dilakukan secara jujur dan adil sesuai keputusan di para-para adat. (*)

Sebelumnya

Selama 14 tahun, masyarakat adat jarang dilibatkan perayaan HUT kabupaten Keerom

Selanjutnya

Ketua pemuda adat Papua meninggal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua