Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Gubernur harap kegiatan ekspor dilakukan kontinu
  • Senin, 17 April 2017 — 18:08
  • 1375x views

Gubernur harap kegiatan ekspor dilakukan kontinu

Kepala Dinas Kehutanan Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan saat ini produksi kayu olahan sudah diekspor setiap bulan namun masih dalam jumlah yang kecil karena terbatas mesin kayunya.
Ilustrasi kegiatan ekspor dari Pelabuhan Jayapura - Jubi Dok
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengharapkan kegitan ekspor dari Papua bisa dilakukan secara kontinu. Mengingat, selama masa kepemimpinannya baru kayu olahan yang dikirim ke luar negeri dari Pelabuhan Jayapura.

"Dengan dibukanya pelabuhan Jayapura untuk ekspor barang keluar negeri, salah satunya Tiongkok bakal mendongkrak pendapatan Pajak Asli Daerah (PAD) yang selama ini sangat kecil. Dengan demikian Papua tak perlu lagi "mengemis" uang ke Jakarta," kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurut Enembe, tak hanya dari sektor kehutanan, pemerintah provinsi kedepan bakal mendorong ekspor hasil perikanan sebab potensi dibidang ini amat sangat menjanjikan.

"Ikan kita melimpah ruah di Papua. Sayang jika ini tidak digarap oleh pemerintah maupun para investor. Jadi, saya mau katakan inilah jalan terbaik untuk kemajuan pembangunan Papua. Sebab kalau kita lihat baik di sektor pertambangan maupun kehutanan saya yakin suatu saat memang akan berakhir," ucapnya.

Kepala Dinas Kehutanan Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan saat ini produksi kayu olahan sudah diekspor setiap bulan namun masih dalam jumlah yang kecil karena terbatas mesin kayunya.

Guna wujudkan ekspor setiap bulan sesuai keinginan Bapak Gubernur, ia mengatakan, diperlukan koordinasi yang baik antar dinas bidang perekonomian di Papua. "Permintaan Pelindo IV ekspor bisa rutin karena kapal setiap bulan masuk di Jayapura, ketika kapal pulang, harus ada isinya jangan kosong, ini yang harus kita koordinasikan baik," ucapnya.

Komoditas unggulan di Papua seperti ikan tuna, kopi, rumput laut. Menurut Ormuseray jika semua pihak saling mendukung, sudah pasti secara rutin akan ada ekspor dari Pelabuhan Jayapura. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

SKPD diingatkan tuntaskan lelang di LPSE

Selanjutnya

Pemprov alokasi Rp1,3 triliun bangun stadion utama PON Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe