Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemprov alokasi Rp1,3 triliun bangun stadion utama PON Papua
  • Rabu, 19 April 2017 — 15:13
  • 1023x views

Pemprov alokasi Rp1,3 triliun bangun stadion utama PON Papua

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan pembangunan stadion merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Papua di era kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, untuk melaksanakan PON di Papua.
Lokasi pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua gelontorkan anggaran sebesar Rp1.3 triliun untuk membangun stadion utama Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan pembangunan stadion merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Papua di era kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, untuk melaksanakan PON di Papua.

"Keseluruhan dana yang sudah dikucurkan untuk pembangunan stadion itu Rp1.3 triliun. Semua bersumber dari APBD Papua," kata Yusuf kepada wartawan disela-sela acara syukuran dimulainya pembangunan stadion, di Jayapura, Selasa (18/4/2017).

Ia menjelaskan, anggaran stadion terdiri dari dua komponen untuk membiayai konsultan dan infrastruktur. "Jadi, kontrak kita itu Rp 1,3 trilun, dipotong pajak PPH dan PPN sekitar Rp1 miliar lebih," tambahnya.

Selain pembangunan stadion utama, ujar ia, pihaknya juga akan membanguan venue kolam renang dan istora Papua atau venue bulutangkis. "Sesuai kontrak pembangunan stadion ini akan selesai 29 Desember 2018," ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, biaya pembangunan venue PON masih dibiayai APBD Papua. Sementara anggaran APBN akan dibicarakan bersama Kemeneterian/Lembaga dan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Jakarta dalam waktu dekat.

Untuk itu, kata ia, dalam rapat terbatas itu akan melibatkan Pemerintah Provinsi Papua, Bupati Mimika, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Jayawijaya, Biak, dan KONI.

"Rapat terbatas dengan kementerian/lembaga terkait ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Gubernur. Untuk itu, akan segera kami tindaklanjuti," kata Yusuf.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Papua, Muhammad Musa'ad mengatakan salah satu agenda yang masuk dalam pembahasan pada rapat terbatas adalah menyangkut pembiayaan PON di Papua.

"Prinsipnya masterplan PON sudah selesai, dan akan kami paparkan di depan Menteri Keuangan, PU, Kemenpora maupun Bappenas," kata Musa'ad. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Gubernur harap kegiatan ekspor dilakukan kontinu

Selanjutnya

Gubernur Papua letakan batu pertama pembangunan gereja Filadelfia Asei-Nolokla

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua