Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Patung Yesus Kristus tertinggi di dunia akan jadi destinasi wisata internasional di Papua
  • Minggu, 23 April 2017 — 14:31
  • 3377x views

Patung Yesus Kristus tertinggi di dunia akan jadi destinasi wisata internasional di Papua

"Dengan lahan seluas enam hektar yang sudah kita sepakati, patung ini akan berdiri setinggi 67 meter yang dibawah dari patung tersebut akan juga dibangun seperti museum yang didalamnya tercatat semua sejarah denominasi gereja yang ada di Papua. Setelah jadi, tentu akan menjadi destinasi wisata rohani internasional," ujar Djuli Mambaya di Sentani, Sabtu (22/4/2017).
Tim survey Bukit Kayu Batu Jayapura Papua foto bersama sebelum melakukan survey udara - Jubi/Engelbert Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sentani, Jubi - Rencana Pemerintah Provinsi Papua membangun Patung Yesus Kristus di Bukit Kayu Batu Kota Jayapura diawali dengan melakukan survei pada lokasi yang akan digunakan mendirikan patung tersebut.

Tim survei yang dipimpin langsung oleh Kepala dinas PU Provinsi Papua ini terdiri dari tim Teknis dan juga sejumlah pematung yang didatangkan langsung dari Jawa serta beberapa wartawan media cetak lokal dan nasional.

Dengan menggunakan pesawat terbang jenis Grand Caravan yang sudah dibooking sebelumnya, tim berangkat dari Bandara Udara Sentani pukul 15.30 WIT menuju Kota Jayapura untuk melihat dari udara lokasi yang akan digunakan. Selang satu jam kemudian tim kembali mendarat di Bandara Sentani.

Djuli Mambaya Kepala Dinas PU Provinsi Papua usai melakukan survei bersama timnya mengatakan bahwa patung Yesus Kristus yang akan  dibangun diatas perbukitan  dekat dengan Kampung Kayu Batu akan menghadap ke arah barat Kota Jayapura.

Dikatakan, patung yang akan dibangun ini merupakan patung tertinggi di dunia, dengan ketinggian patung mencapai 67 meter. Sementara bahan patung yang digunakan dari perunggu dan tembaga serta ada bagian-bagian khusus yang menggunakan emas murni.

"Dengan lahan seluas enam hektar yang sudah kita sepakati, patung ini akan berdiri setinggi 67 meter yang dibawah dari patung tersebut akan juga dibangun seperti museum yang didalamnya tercatat semua sejarah denominasi gereja yang ada di Papua. Setelah jadi, tentu akan menjadi destinasi wisata rohani internasional," ujar Djuli Mambaya di Sentani, Sabtu (22/4/2017).

Dijelaskannya, proses pembangunan akan dimulai tahun ini dengan biaya yang berkisar 300-500 milyar rupiah. Sebagian urusan terkait pelepasan lahan sudah disepakati dengan pemilik hak ulayat.

"Progres pembangunan akan dimulai tahun ini, urusan hak ulayat sebagian sudah kami bicarakan dengan pemilik hak ulayat. Sementara pematung yang kami bawa untuk membangun patung ini adalah mereka yang benar-benar ahli dalam bidangnya yang berskala nasional dan internasional," jelasnya.

Secara terpisah, Noor Ibrahim salah satu pematung yang terlibat dalam proses pembangunan patung Yesus Kristus ini mengaku sangat kagum dengan alam di Papua yang menurutnya sangat luar biasa.

"Sangat penting bagi masyarakat Papua secara umum dan khususnya warga kota Jayapura untuk memiliki satu ikon yang kelasnya tidak hanya nasional tetapi dunia,” ungkap pematung lulusan Institut Kesenian Jakarta ini. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Peneliti Balitbangda diharap mampu pecahkan masalah Papua

Selanjutnya

Dishub Papua bangun komunikasi dengan operator penerbangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe