Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bali & Nusa Tenggara
  3. Napi Lapas Kupang berhsil kembangkan Solar cell
  • Senin, 24 April 2017 — 16:12
  • 2081x views

Napi Lapas Kupang berhsil kembangkan Solar cell

Sekalipun telah berhasil membuat solar cell namun napi di Lapas Kelas II A Kupang belum mampu membuat panel surya pembangkit tenaga surya, karena terkendala biaya.
Ilustrasi (Jubi/ Kabarenergy.com)
Syam Terrajana
syam@tabloidjubi.com
Editor : ANTARA

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Kupang, Jubi - Sejumlah narapidana yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Kupang, Nusa Tenggara Timur sudah mampu merakit solar cell pembangkit listrik tenaga surya.

" Setelah melalui proses pendampingan oleh salah seorang tenaga teknis yang juga seorang napi, ternyata mampu merakit teknologi itu secara baik," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kupang, Syarif Hidayat di Kupang, Senin ( 24/3).

Para napi itu sudah memroduksi beberapa unit solar cell dengan hasil yang sangat mengembirakan untuk pemakain di Lapas Kupang.

Sekalipun telah berhasil membuat solar cell namun napi di Lapas Kelas II A Kupang belum mampu membuat panel surya pembangkit tenaga surya, karena terkendala biaya.

"Jika memiliki dana memadai untuk pengadaan panel surya pembangkit liustrik tenaga surya maka hasil produksi para napi ini bisa digunakan diberbagai Lapas di NTT yang masih memiliki keterbatasan listrik," kata Hidayat.

Ia mengatakan, pembangkit listrik tenaga surya merupakan energi alternatif yang bisa dimanfaatkan di NTT yang memiliki cahaya matahari yang sangat besar.

"Teknologi tenaga surya sebagai energi alternatif yang sangat cocok untuk dikembangkan di NTT ," kata Hidayat.

Ia optimis napi yang memiliki keterampilan pembuatan solar cell mampu mengembangkan usahanya itu setelah selesai menjalani hukuman di Lapas Kupang.

Menurut mantan Kalapas NTB ini, belum menjajaki kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi di NTT yang sudah pengalaman dalam merakit panel surya pembangkit listrik tenaga surya.

Karena pihaknya masih berkonsentrasi melakukan pendampingan teknis terhadap napi dalam pembuatan perangkat lunak pembangkit listrik tenaga surya.(*)




 


 


 

loading...

#

Sebelumnya

Meriahnya pawai kemenangan Paskah di Kupang

Selanjutnya

Rumah tua potensial jadi obyek wisata

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe