Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Kopertis XIV: Peringkat perguruan tinggi Papua rendah
  • Selasa, 25 April 2017 — 18:20
  • 2021x views

Kopertis XIV: Peringkat perguruan tinggi Papua rendah

"Perbaikan database PTS di antaranya menyangkut kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen pengelolaan perguruan tinggi, kualitas kegiatan kemahasiswaan," ujar Suriel di Biak, Selasa (25/4/2017).
Ilustrasi - Tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Biak, Jubi - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta XIV (Kopertis) Papua dan Papua Barat Dr Suriel S Mofu menyebut 60 perguruan tinggi swasta di Provinsi Papua dan Papua Barat masih memiliki rangking sangat rendah dibanding daerah lain di Indonesia.

Ia mengatakan untuk meningkatan status puluhan perguruan tinggi swasta di wilayah Kopertis XIV Papua dan Papua Barat perlu dilakukan pembenahan database secara menyeluruh.

"Perbaikan database PTS di antaranya menyangkut kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen pengelolaan perguruan tinggi, kualitas kegiatan kemahasiswaan," ujar Suriel di Biak, Selasa (25/4/2017).

Ia menambahkan juga perlu ada pendataan tentang kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dilakukan dosen PTS di Papua dan Papua Barat.

Mofu mengatakan sebagai ketua Kopertis XIV yang baru menggantikan pejabat lama Festus Simbiak akan membenahi database perguruan tinggi.

Sedangkan status akreditasi perguruan tinggi di Kopertis XIV Papua dan Papua Barat, menurut Mofu, hingga tahun 2017 belum ada satupun PTS yang meraih predikat akreditasi A.

"Data 60 PTS di tanah Papua dominan terakreditasi C dan B, ya ke depan perlu dibenahi manajemen pengelolaannya sehingga ditingkatkan menjadi A," harap mantan Rektor Universitas Papua Manokwari itu.

Berdasarkan data, status PTS di Papua yang dinilai dari aspek "smart score" penilaian universitas berdasarkan delapan aspek/indikator di antaranya adalah Webo Country, Webo World, 4icu, QS, Fasilitas Kampus dan lain sebagainya.

Sedangkan Smart Ratio dihitung berdasarkan jumlah dosen dibandingkan jumlah mahasiswa di universitas maka Uncen Jayapura dengan smart score 41 dan smart ratio 1:48. Universitas Sains Teknologi Jayapura (USTJ) dengan smart score 32 dan smart ratio 1:56. Universitas Ottow Geissler Jayapura smart score 26 dan smart ratio 1:4. (*)

loading...

Sebelumnya

ITS Surabaya tingkatkan kualifikasi dosen ATB

Selanjutnya

Batalkan SK KPU, MK perintahkan PSU di seluruh TPS Kabupaten Kep. Yapen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe