Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. 37 warga disebut meninggal akibat diare, Legislator: harus dibuktikan
  • Minggu, 30 April 2017 — 17:44
  • 1722x views

37 warga disebut meninggal akibat diare, Legislator: harus dibuktikan

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan Lanny Jaya dan pihak terkait di Provinsi Papua, harus memastikan hal tersebut. Perlu dilakukan investigasi dan uji sampel di laboratorium. Jangan sampai hanya menduga-duga.
Ilustrasi Demo Masalah Kesehatan di Papua - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Lanny Jaya dan sekitarnya, Nioluen Kotouki menyatakan perlu ada pembuktian kalau penyebab meninggalnya 37 warga di Distrik Awena, Kabupaten Lanny Jaya Papua selama Januari-April 2017 benar-benar karena penyakit diare.

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan Lanny Jaya dan pihak terkait di Provinsi Papua, harus memastikan hal tersebut. Perlu dilakukan investigasi dan uji sampel di laboratorium. Jangan sampai hanya menduga-duga.

"Harus dibuktikan dengan data medis yang valid. Ada hasil uji laboratorium atau lainnya. Dalam waktu dekat, saya akan turun ke lapangan," kata Nioluen, Jumat (28/4/2017).

Ia menilai, perlu dipertanyakan jika diare disebabkan air yang dikonsumsi masyarakat. Katanya, jika penyebabnya air, mengapa hanya masyarakat empat kampung yakni Kampung Tinggira, Nambume, Eyumi, Uragabur, Yugimia dan Indawa, Distrik Awena yang terkena diare.

"Kampung lain tidak. Kan bukan hanya masyarakat empat kampung ini yang mengkonsumsi air dari sungai itu. Saya pikir ini juga menjadi pertanyaan," ujarnya.

Katanya, kasus ini harus segera ditangani. Jangan dibiarkan. Kalau perlu, pemerintah daerah dan provinsi segera membentuk tim.

"Kami berharap Dinas Kesehatan Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua, juga ke Lanny Jaya," katanya.

Sebanyak 37 warga Kampung Tinggira, Nambume, Eyumi, Uragabur, Yugimia dan Indawa, Distrik Awena, Kabupaten Lanny Jaya diberitakan meninggal dunia medio Januari-April 2017 karena terserang diare.

Pemkab Lanny Jaya telah menurunkan tim kesehatan dan obat-obatan ke Distrik Awena. Sekretaris Daerah Lanny Jaya, Christian Sohilait, juga turun langsung ke Distrik Awena, Selasa (25/4/2017). Ia menugaskan dua dokter umum dan lima perawat membantu petugas medis di distrik itu.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lanny Jaya Dolly Kogoya mengatakan, warga menderita diare akibat lingkungan yang tidak bersih. Masyarakat juga mengkonsumsi langsung air dari kolam penampungan tanpa dimasak.

"Air yang dikonsumsi masyarakat tanpa dimasak ini sangat kotor, karena sudah melalui kotoran-kotoran manusia atau ternak di sekitar daerah itu. Kami sudah mengambil sampel air yang dikonsumsi masyarakat untuk dibawa ke Jayapura diteliti. Kami juga sudah memeriksa sedikitnya 700 warga dan memberikan obat pencegahan diare," katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Bupati di Papua diingatkan soal kesiapan UN SD

Selanjutnya

Jurnalis Papua alami sejumlah luka akibat dihajar polisi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe