Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Polres Jayapura sebut puluhan aktivis KNPB telah dipulangkan 
  • Senin, 01 Mei 2017 — 17:30
  • 2001x views

Polres Jayapura sebut puluhan aktivis KNPB telah dipulangkan 

"Sudah dipulangkan tadi sekira pukul 16:00 WIT. Hanya diidentifikasi data-data orang-orangnya. Dimintai keterangan, kemudian dipulangkan."
Ilustrasi Massa KNPB - Dok. Jubi 
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura, Papua menyatakan telah memulangkan puluhan orang Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ditangkap di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (1/5/2017), ketika menggelar aksi penolakan peringatan Hari Aneksasi Papua,1 Mei 1963.

Kapolres Jayapura, AKBP. Gustav Urbinas membenarkan pihaknya telah mengamankan sebanyak 53 orang KNPB. Namun setelah diindetifikasi, mereka kemudian dipulangkan.

"Sudah dipulangkan tadi sekira pukul 16:00 WIT. Hanya diidentifikasi data-data orang-orangnya. Dimintai keterangan, kemudian dipulangkan."

Mereka diamankan ketika akan menggelar kegiatan. "Tapi kegiatannya tanpa pemberitahuan kepada pihak kepolisian," kata AKBP. Gustav Urbinas ketika dihubungi Jubi via teleponnya, Senin (1/5/2017). 

Menurutnya, karena aksi akan dilakukan di lingkungan masyarakat dan melibatkan banyak orang, polisi membawa massa ke Polres setempat untuk menanyakan kegiatan yang dilakukan dan tujuannya. 

"Mereka menggelar kegiatan di Sekertariat KNPB di BTN Purwodadi," ujarnya.

Kapolres juga membantah informasi yang didapat Jubi yang menyebut dalam aksi itu, polisi merusak Sekretariat KNPB Sentani dan mengacak-acak barang milik KNPB dan masyarakat di sekitar sekretariat.

"Oh, tidak. Tidak. Kami hanya mengamankan barang-barang yang bertentangan dengan NKRI. Barang-barang seperti bendera KNPB, pakaian loreng, dokumen dan segala macam itu kami sita. Kalau barang pribadi sudah dikembalikan," katanya.  

Sementara juru bicara KNPB Pusat Bazoka Logo seperti dikutip dari suarapapua.com mengatakan, pukul 07.36 WIT, polisi datang ke Sekretariat KNPB Wilayah Sentani. Kemudian polisi memaksa massa yang dikomandoi KNPB Wilayah Sentani membubarkan diri. Polisi lantas menangkap massa yang kumpul di Sekretariat KNPB Sentani.

“Polisi datang menghentikan kegiatan yang dilakukan. Menangkap 200 orang lalu dibawa ke Polres Jayapura. 150 orang sudah dipulangkan. 50 orang masih ditahan sementara 26 orang diduga mendapat penyiksaan dari aparat,” kata Bazoka Logo. 

Menurutnya, tidak hanya membubarkan dan menangkap massa, polisi juga masuk ke dalam Sekretariat KNPB dan merusak fasilitas serta mencoret-coret dinding rumah, juga menyita barang-barang milik KNPB. (*) 

loading...

Sebelumnya

Mesin politik tak maksimal, faktor tumbangnya "Beringin"

Selanjutnya

AJI Kota Jayapura tuntut Kapolda Papua tindak oknum polisi pemukul wartawan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe