Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kasus pemukulan wartawan dilapor ke Propam Polda Papua 
  • Selasa, 02 Mei 2017 — 18:49
  • 2010x views

Kasus pemukulan wartawan dilapor ke Propam Polda Papua 

"Saya jawab, saya wartawan. Ketika akan menunjukkan surat tugas yang saya simpan di dalam tas, seorang anggota polisi lainnya merampas tas saya. Saya kemudian dibawa ke dalam Polres oleh beberapa oknum polisi sambil ditendang dan dipukul dengan tangan dan rotan," kata Yance di hadapan petugas Subbag Yanduan.  
Yance Wenda Bersama Pihak Jubi dan AJI Kota Jayapura ketika membuat laporan di Subbag Yanduan Propam Polda Papua - Jubi/Arjuna 
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Pemukulan dan penangkapan yang diduga dilakukan oknum anggota Polres Jayapura terhadap seorang wartawan Koran Jubi dan tabloidjubi.com, Senin (1/5/2017) di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, dilaporkan ke Propam Polda setempat, Selasa (2/5/2017) sekira pukul 14:20 WIT. 

Yance mendatangi Polda Papua didampingi Pimred Koran Jubi, Dominggus A Mampioper, redaktur Jubi, Yuliana Lantipo, Timoteus Marthen dan Komisi Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura, Lucky Ireuw, Ketua Bidang Pengembangan Organisasi AJI, Anang Budiono serta anggota AJI Kota Jayapura, Roy Ratumakin dan Veni Mahuze.

Kepada petugas Subbag Yanduan Propam Polda Papua Yance mengurai kronologis kejadian penangkapan dan penganiayaan dirinya.

Katanya, ketika itu ia berada di kios yang jaraknya kurang lebih 50 meter di depan Polres Jayapura sambil makan pinang. Ia tengah mengamati penangkapan terhadap para aktivis KNPB Wilayah Sentani. Tak lama berselang, seorang anggota polisi datang menghampirinya. Anggota polisi tersebut melepas kacamata yang digunakan Yance tanpa permisi dan bertanya.

"Saya jawab, saya wartawan. Ketika akan menunjukkan surat tugas yang saya simpan di dalam tas, seorang anggota polisi lainnya merampas tas saya. Saya kemudian dibawa ke dalam Polres oleh beberapa oknum polisi sambil ditendang dan dipukul dengan tangan dan rotan," kata Yance di hadapan petugas Subbag Yanduan.  

Yance juga membantah penyampaian petugas Subbag Yanduan, Propam Polda Papua yang menyebut informasi kepada pihaknya, yang bersangkutan masuk ke dalam halaman Polres bersama massa dan memotret tanpa izin.

"Saya korban. Saya yang mengalami sendiri. Saya jauh dari massa. Tidak benar kalau dibilang ada ambil foto di dalam Polres. Informasi yang bapak terima, itu tidak benar," ujarnya. 

Yance menyatakan tidak mengenal oknum-oknum polisi yang memukulnya. Ketika itu, ia menutup wajahnya dengan kedua tangan berupaya menghindari pukulan oknum-oknum polisi.  

"Ketika saya dibawa ke dalam Polres, ada anggota intel yang membela saya. Dia bilang kepada polisi, jangan pukul terus, kalau terjadi apa-apa bagaimana? Dia menyatakan mengenal saya," katanya.

Ketika petugas Subbag Yanduan menanyakan siapa saksi yang melihat kejadian itu kata Yance, selain pemilik kios, Yance menyebut ada anggota intel yang mengenali dirinya. 

Subbag Yanduan Propam Polda Papua menyatakan, menerima laporan tersebut dan sedang melakukan pendalaman.

Sementara Pimred Koran Jubi, Dominggus Mampioper mengatakan pihaknya akan tetap menindak lanjuti kasus yang menimpa wartawannya.

"Kami akan melanjutkan kasus ini hingga tuntas dan memiliki dasar hukum tetap. Kami berharap, kasus ini adalah yang terakhir. Tidak boleh terulang terhadap warawan-wartawan lainnya di Papua, khususnya di Kota Jayapura," katanya.

Lucky Ireuw yang juga redaktur senior Harian Pagi Cenderawasih Pos sependapat dengan Dominggus. Ia berharap, kasus Yance bisa diselesaikan secara hukum agar menjadi efek jera kepada oknum-oknum aparat keamanan yang selama ini selalu mengedepankan tindak represif. (*) 

loading...

Sebelumnya

AJI Kota Jayapura tuntut Kapolda Papua tindak oknum polisi pemukul wartawan

Selanjutnya

Wartawan dipukul dan ditangkap, Legislator: pimpinan polisi harus minta maaf

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe