Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Penderita kusta di Kota Jayapura tercatat 127 orang
  • Rabu, 03 Mei 2017 — 10:15
  • 1202x views

Penderita kusta di Kota Jayapura tercatat 127 orang

“Kami juga sudah melakukan kategori berapa yang sudah melakukan pengobatan dan sudah sembuh dan kami juga pisahkan pasien anak dan pasien dewasa,” kata Arif kepada Jubi beberapa waktu lalu.
Ilustrasi - IST
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi - Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Arif D. Darmanto mengatakan, penderita kusta di Kota Jayapura tercatat 217 orang, terdiri dari tipe basah dan tipe kering.
 
Menurutnya, penderita kusta tipe kering dan tipe basah tergantung penderita yang mengalami parah atau tidak. Jika parah sampai sudah dimutilasi akan sulit diatasi.
 
“Kami juga sudah melakukan kategori berapa yang sudah melakukan pengobatan dan sudah sembuh dan kami juga pisahkan pasien anak dan pasien dewasa,” kata Arif kepada Jubi beberapa waktu lalu.
 
Arif menyebutkan, penyakit kusta susah untuk pulih. Karena itu lebih baik masyarakat  sesegera mungkin melakukan pencegah dengan melakukan pengobatan dan kerumah sakit sebelum parah.  
 
Dikatakan, sebelumnya dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan yang bekantor pusat di Ambon di bawah naungan Kementerian Kesehatan yang wilayah kerjanya termasuk Papua dan Papua Barat melakukan kunjungan kerja ke Kota Jayapura.
 
Terkait penyakit kusta, tim tersebut meninjau dan ditunjukkan titik-titik penderita kusta yang ada di Kota Jayapura sesuai dengan data yang dimiliki, kemudian mereka melakukan peninjauan langsung ke lapangan.
 
“Kami juga sudah memberitahu kepada mereka mengenai kegiatan yang sudah kami lakukan untuk pemberantasan kusta yang sudah kami lakukan di Kota jayapura,” kata Arif.
 
Program penanggulangan dan pencegahan penyakit kusta yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Jayapura, selain penemuan penderita adalah pengobatan dan pemantauan rutin. 
 
“Kami memang tidak melakukan relokasi atau menempatkan mereka di rumah khusus, karena memang jumlah penderita tidak terlalu banyak dan kami sudah melakukan pencegahan dan penanganan sehingga penularan bisa diminimalisir,” ujarnya.
 
Kepala Puskesmas Imbi, dr. Joke A. Supit mengungkapkan, untuk pasien penyakit malaria mengalami penurunan drastis sejak Dinas Kesehatan Kota Jayapura mulai membagikan kelambu kepada warga di wilayah Puskesmas tersebut. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Distrik Tigi Barat gelar seminar cari solusi bangun kembali sekolah

Selanjutnya

Lima bahasa daerah di Tanah Papua telah punah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe