Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Warga tangkap dua kapal pencuri ikan di Raja Ampat
  • Kamis, 04 Mei 2017 — 10:38
  • 1534x views

Warga tangkap dua kapal pencuri ikan di Raja Ampat

Disebutkan, satu kapal dengan registrasi Bitung dengan izin penangkapan dari Provinsi Papua Barat, tetapi punya izin dari kampung ditangkap di perairan Pulau Bambu, lalu dibawa ke Kampung Pam untuk diidentifikasi. Sementara kapal penangkap ikan hiu juga ditangkap di perairan Pulau Bambu.
Kapal Bitung yang ditangkap dan diamankan karena diduga mencuri ikan di perairan Kepulauan Fam, Raja Ampat – Jubi/Florence Niken
Florence Niken
gendis2005.soebroto@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sorong, Jubi – Dua kapal tak berizin yang diduga mencuri ikan di perairan Raja Ampat, Papua Barat ditangkap warga.

Dua kapal yang diamankan Patroli Pengawasan Masyarakat Kepulauan Fam April 2017 itu adalah kapal penangkap ikan tak berizin dan satu kapal penangkap ikan hiu.

Patroli penangkapan dilakukan warga tiga kampung yang mendiami kawasan Kepulauan Fam.

Disebutkan, satu kapal dengan registrasi Bitung dengan izin penangkapan dari Provinsi Papua Barat, tetapi punya izin dari kampung ditangkap di perairan Pulau Bambu, lalu dibawa ke Kampung Pam untuk diidentifikasi.
Sementara kapal penangkap ikan hiu juga ditangkap di perairan Pulau Bambu.

Namun setelah diselidiki, dua kapal itu akhirnya dilepaskan. Sementara kapal penangkap hiu berhasil meloloskan diri saat hendak dilakukan identifikasi oleh petugas patroli.

Sedangkan kapal ikan dari Bitung setelah diidentifikasi, akhirnya diizinkan untuk kembali ke Bitung setelah disepakati bersama aparat kampung setempat. Namun kapal tersebut menerima sanksi adat yaitu tak diperbolehkan mencari ikan kawasan Kepulauan Fam.

“Tim patroli masyarakat menindaklanjuti setiap laporan dan melaporkannya ke pemerintah kampung dan kepala adat untuk ditindaklanjuti. Memang tidak semua berhasil ditindaklanjuti, seperti kapal hiu, kami terlambat,” kata Koordinator Tim Patroli Kawasan Konservasi Perairan Fam, Daud Dimara kepada Jubi di Sorong, Rabu (3/5/2017).

Ditemui terpisah, Raja Ampat Communication and Outreach Koordinator (CI) Indonesia, Nikka Amanda Gunadarma mengatakan, penangkapan tersebut sepenuhnya diinisiasi masyarakat lokal.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya-upaya pengelolaan kawasan perairan sudah dilakukan meskipun secara legal formal Kepulauan Fam masih dalam proses menuju penetapan sebagai kawasan konservasi perairan,” kata Nikka. (*)

loading...

Sebelumnya

Semua orang bertanggung jawab memajukan pendidikan di Sorong

Selanjutnya

Selama pilkada pelayanan publik Maybrat tidak maksimal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe