Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Pemilu 2017, wajah Perancis bakal berubah
  • Minggu, 07 Mei 2017 — 18:18
  • 866x views

Pemilu 2017, wajah Perancis bakal berubah

Macron yang merupakan kandidat independen yang berkampanye lewat gerakan En Marche! adalah kuda hitam. Tidak diperhitungkan namun sukses mendulang banyak suara.
Suasana pemilu Perancis
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Hari ini, Minggu (7/5) Perancis akan menorehkan sejarah baru lewat pemungutan suara. Itu akan menentukan masa depan Perancis, di bawah arahan pemimpin liberal pro-Uni Eropa yang punya karir politik singkat atau pemimpin ekstrem kanan yang akan membawa Perancis keluar dari Uni Eropa.

Usai Brexit di Inggris dan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, kini giliran Perancis yang akan membawa perubahan politik signifikan bagi dunia.

Partai Sosialis dan sayap kanan telah memerintah Perancis sejak era 50-an, namun tatanan konvensional itu kini bergeser.

Hilangnya popularitas Partai Sosialis dan pecahnya suara Republik akibat perselisihan dan penyidikan pengadilan karena kasus penipuan, membuka celah bagi kandidat muda yang belum pernah masuk dalam percaturan politik.

Siapapun yang terpilih, baik itu penganut haluan tengah Emmanuel Macron atau kandidat populis Marine Le Pen, Perancis kini berada di tepi perubahan.

Le Pen, sudah menguasai delapan kota dan punya dukungan dari 20 anggota Senat, namun dia mendapat banyak kecaman dari politisi mayoritas. Melansir AFP, alasannya karena visinya yang dianggap berisiko bagi Perancis, terutama soal pandangannya tentang kelompok militan Islam dan imigran.

Sementara, Macron yang merupakan kandidat independen yang berkampanye lewat gerakan En Marche! adalah kuda hitam. Tidak diperhitungkan namun sukses mendulang banyak suara. Selain karirnya sebagai bankir dan masuk kabinet Presiden Francois Hollande sebagai Menteri Ekonomi, nama Macron belum terdengar di liga politik Perancis.

Oleh karena itu, di Pemilu 2017 ini, warga Perancis akan menentukan masa depan baru sekaligus menggariskan posisi negaranya di jantung Uni Eropa. (*)


 


 


 


 


 


 


 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Campak terus mewabah di Romania

Selanjutnya

Puluhan ribu perempuan Venezuela tentang Maduro

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe