Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kampung Repang Muaif calon penerima Kalpataru
  • Rabu, 10 Mei 2017 — 17:53
  • 2453x views

Kampung Repang Muaif calon penerima Kalpataru

Salah satu juri dari tim penilaian Kalpataru Pusat, Dadang Kusbiantoro ketika ditemui Jubi di Sentani, Rabu (10/5/2017) mengatakan, dari 142 usulan penerima Kalpataru seluruh Indonesia, Kampung Repang Muaif yang dikoordinir Aleks Waisimon masuk dalam 22 nominator penerima penghargaan pelestarian kawasan hutan lindung tersebut.
Tim verifikasi dan validasi data kalpataru nasional saat berdiskusi dengan Pemkab Jayapura – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Timoteus Marten

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Sentani, Jubi – Kampung Repang Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua dimasukkan dalam daftar calon penerima penghargaan Kalpataru Presiden Republik Indonesia tahun 2017.
 
Salah satu juri dari tim penilaian Kalpataru Pusat, Dadang Kusbiantoro ketika ditemui Jubi di Sentani, Rabu (10/5/2017) mengatakan, dari 142 usulan penerima Kalpataru seluruh Indonesia, Kampung Repang Muaif yang dikoordinir Aleks Waisimon masuk dalam 22 nominator penerima penghargaan pelestarian kawasan hutan lindung tersebut.
 
“Tentunya setelah melalui verifikasi dan validasi data, serta sidang Kalpataru nanti,” katanya.
 
Tim verifikasi dan penilaian Kalpataru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI selama beberapa hari kedepan melakukan verifikasi kawasan hutan konservasi dan pelestarian burung cenderawasih di kampung ini.
 
Menurut Dadang, pihaknya telah melakukan survei awal terhadap kawasan tersebut. Sebagian datanya sudah didapat dari masyarakat yang berkompeten di dalamnya.
 
Pihaknya juga ingin mengetahui seberapa besar dukungan Pemerintah daerah terhadap pengembangan kawasan hutan lindung ini. Maka dari itu, dilakukan pertemuan secara khusus dengan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw untuk menerima laporan dan arahan.
 
Ia berpendapat, apa yang dilakukan masyarakat Kampung Repang Muaif segera ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten Jayapura.
 
“Pak Aleks Waisimon dengan kegiatannya di atas hutan lindung seluas 19 ribu hektare lalu dia mampu mempengaruhi 10 kepala suku untuk menggabungkan hutan mereka, sehingga total seluruhnya menjadi 98 ribu hektare untuk kawasan konservasi dan tempat bermainnya 14 jenis burung cenderawasih. Ini sudah cukup luar biasa dan Pemerintah daerah harus cepat merespons,” ujarnya.
 
Ketua Club Pencinta Alam (CPA) Hirosi Papua, Marshall Suebu, yang juga sebagai penerima penghargaan tertinggi yang didanai lingkungan hidup tahun 2006 mengatakan, tenggang waktu penerima kalpataru sebelumnya cukup lama. Seharusnya waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk menerima penghargaan ini dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.
 
“Kami dari CPA Hirosi menerima Kalpataru pada tahun 2006. Ini waktu yang cukup lama. Baru saat ini ada lagi tim yang turun ke daerah ini setelah dilaporkan oleh Pemerintah daerah melalui instansi teknis tentang kawasan hutan lindung yang dikelola Bapak Aleks Waisimon,” katanya.
 
Pihaknya berharap ada lagi individu-individu maupun kelompok yang mampu melakukan perubahan terkait perlindungan dan pelestarian lingkungan, sehingga dapat berdampak bagi banyak orang di daerah ini. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Yayasan Pegunungan Bintang tetapkan plt. ketua Stiper Jayapura

Selanjutnya

Jayapura harus penuhi indikator Kabupaten Layak Anak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4860x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4273x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4130x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3475x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2921x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe