Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Program Siberkat di Jayapura disosialisasikan
  • Rabu, 10 Mei 2017 — 18:00
  • 2103x views

Program Siberkat di Jayapura disosialisasikan

Melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Pemkab Jayapura akan melakukan pendataan Siberkat ini kepada seluruh masyarakat asli Papua di kabupaten ini pada Agustus – September 2017.  Lalu hasilnya di-launching setelah selesai melakukan pendataan.
Suasana sosialisasi Siberkat yang diikuti oleh pemerintah kampung dan distrik – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Timoteus Marten

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Sentani, Jubi - Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar sosialisasi Sistem Informasi Berbasis Kampung Adat (Siberkat) kepada seluruh aparat pemerintahan di tingkat distrik dan kampung di daerah tersebut.
 
Melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Pemkab Jayapura akan melakukan pendataan Siberkat ini kepada seluruh masyarakat asli Papua di kabupaten ini pada Agustus – September 2017.  Lalu hasilnya di-launching setelah selesai melakukan pendataan.
 
Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang data kependudukan, pendidikan, ekonomi, ketenagakerjaan, kesehatan, potensi daerah, pendapatan dan serta informasi umum lainnya di kabupaten ini.
 
Bupati Jayapura Mathius Awotauw mengatakan, program Siberkat ini digarap oleh BPS dan Bapeda Kabupaten Jayapura. Keduanya saling bersinergi antara satu dengan lainnya. Khusus data ini akan lebih kepada pemerataan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sistem penganggarannya.
 
“Data yang akan di-input ini meliputi tingkat pendidikan, indeks pembangunan manusia, kesehatan, pendidikan yang akan didata dan langsung menjadi data BPS kita. Sehingga melalui data tersebut kita juga dapat memeroleh informasi yang akurat terkait apa yang sedang dikerjakan selama ini,” katanya kepada wartawan di Sentani, Rabu (10/5/2017).
 
Dengan demikian, lanjutnya, dalam program kedepan pihaknya telah memiliki data yang akurat, termasuk dalam sistem penganggarannya.
 
Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jefrry de Fretes mengatakan, Siberkat adalah satu sistem informasi berbasis kampung adat yang akan dilakukan di masing-masing orang asli Papua di daerah ini. Semua OAP akan didata sistem pendapatan ekonominya, pendidikan, kesehatan dan jumlah tenaga kerja.
 
“Sumber awal dengan pendataan orang asli Papua, dengan data ini kita akan mengetahui semua tingkatan masyarakat yang ada di daerah ini sesuai dengan apa yang dimiliki. Karena akan dilakukan di setiap kampung maka, hasil yang diperoleh berupa data tersebut akan juga dibagikan kepada semua OPD yang ada untuk melaksanakan program kerja mereka dengan program yang telah ditetapkan,” ujarnya.
 
Jeffry menambahkan, untuk melakukan pendataan tersebut pihaknya akan melibatkan masyarakat, tenaga pendamping di tingkat distrik, dan tenaga medis, serta guru yang bertugas di daerah-daerah terpencil.
 
“Untuk daerah perkotaan memang tidak terlalu susah, tetapi untuk di daerah terpencil memang kita akan memanfaatkan tenaga medis dan guru yang bertugas di sana. Untuk Itu, dalam waktu dekat kita akan membuat formatnya dan memberikan bimbingan teknis bagi mereka yang akan ditugaskan di lapangan,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Jayapura harus penuhi indikator Kabupaten Layak Anak

Selanjutnya

JPKP gelar aksi 1.000 lilin di Sentani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe