Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Jokowi bagi empat kartu ke masyarakat Jayawijaya
  • Minggu, 13 Mei 2017 — 15:14
  • 1063x views

Jokowi bagi empat kartu ke masyarakat Jayawijaya

Keempat kartu adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia  Sehat (KIS), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).
Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Papua - Jubi/dok
Benny Mawel
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi - Presiden RI  Joko Widodo (Jokowi) empat macam kartu kepada masyarakat Jayawijaya ketika berkunjung ke daerah itu, Rabu (10/5/2017).

Keempat kartu adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia  Sehat (KIS), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyerahan KIP, KIS, PMT dan PKH dilakukan masing-masing oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek dan Menteri Sosial  Khofifah Indar Parawansa disaksikan Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Yulce W. Enembe, Bupati  Jayawijaya John Wempi Wetipo, dan sejumlah pejabat daerah di halaman Kantor Bupati Jayawijaya, Wamena.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah menyerahkan kartu tersebut dengan rekening dan uang tunai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama untuk memenuhi kebutuhan siswa-siswi dan ibu hamil.

“Kami menyerahkan biaya secukupnya kepada masyarakat, jika ada kekurangan biaya nanti ditambah Menteri Sosial, Gubenur, dan bupati,” ujar Jokowi.
Khusus  untuk PMT, ujar Jokowi, hal ini penting diberikan kepada anak-anak di  Tanah Papua agar mereka  semua  menjadi  pintar dan cerdas.
“Pintar supaya bisa bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

Ia berpesan kepada kaum perempuan untuk memberikan makanan tambahan, terutama ketika anak masih di dalam kandungan. Dimana khusus untuk anak-anak usia 1-5 tahun  tetap diberikan makanan tambahan, berupa biskuit yang memiliki gizinya yang tinggi.

“Jadi nanti tolong ikuti aturan supaya anak-anak kita pintar semuanya,” kata Presiden.

Menteri Kesehatan yang turut dalam kujungan itu merincikan jumlah penerima KIP 220  siswa. Masing-masing SD 74 siswa, SMP 101 siswa dan SMA/SMK 58 siswa. Jumlah uang yang diserahkan untuk tingkat SD Rp450.000 Pertahun, SMP Rp 750.000 Pertahun dan SMA /SMK Rp1 Juta per tahun.

Jumlah penerima kartu PHK sebanyak 350 ibu, masing-masing menerima Rp2 juta per tahun. Pemberiannya bertahap selama empat kali melalui Bank BNI, BRI, BTN, Mandiri setempat.

“Uang ini untuk kebutuhan anak sekolah, ibu hamil, uang ini tak boleh diberikan kepada suami beli miras dan rokok,” pesannya.

Khusus PMT, tutur Menteri, pihaknya memberikan PMT kepada 50 orang berupa biskuit. Untuk ibu mengandung atau hamil 1-3 bulan mengkonsumsi dua bungkus biskuit perhari. Sedangkan ibu hamil 3-9 bulan mengkonsumsi 3 bungkus biskuit.

“Kita harus memberikan anak-anak kita makanan yang sehat, usia 1 tahun 8 bungkus biscuit, usia 1-5 tahun sebanyak 12  biskuit bungkus, kalau anaknya susah makan ibu boleh hancurkan diberi susu atau air jadi bubur,” pesannya.

Ia melanjutnya, biskuit tersebut bukan sembarangan biskuit, tapi mengandung protein dan kalori yang tinggi dicampur ikan. (*)

loading...

Sebelumnya

Sagu Foundation siapkan siswa Yapelin ke luar negeri

Selanjutnya

Suka duka Satgas Kaki Telanjang di Mamberamo Raya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe