Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Bupati targetkan 2018, tiga proyek diresmikan Presiden
  • Minggu, 14 Mei 2017 — 19:12
  • 1719x views

Bupati targetkan 2018, tiga proyek diresmikan Presiden

Tiga proyek tersebut adalah pembangunan jalan trans Papua dari Wamena (Jayawijaya) ke Kenyam (Nduga), pembangunan Wio Silimo (alun-alun kota) dan Pasar Sinakma.
Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo saat mendampingi Presiden saat kunjungan ke Habema-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo menargetkan tiga proyek yang sedang dikerjakan pemerintah Jayawijaya saat ini akan rampung pada 2018 dan diharapkan bisa diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tiga proyek tersebut adalah pembangunan jalan trans Papua dari Wamena (Jayawijaya) ke Kenyam (Nduga), pembangunan Wio Silimo (alun-alun kota) dan Pasar Sinakma.

“Presiden sampaikan terkait dengan pembangunan jalan ini diharapkan lebih cepat jadi, saya juga minta ke Presiden supaya tahun depan akan berkunjung lagi ke Jayawijaya kalau jalan sudah selesai sekaligus peresmian jalan, tugu Wio Silimo dan Pasar Sinakma dalam satu rangkaian,” kata Wempi Wetipo di Wamena, akhir pekan lalu.

Wempi mengatakan proyek itu menjadi harapan pemerintah dalam membuka isolasi daerah di wilayah pegunungan tengah Papua, sehingga tingkat kemahalan di pegunungan itu dapat diturunkan.

Selain jalan trans Papua, Wempi juga mengaku jalan menuju Distrik Puncak Trikora, Jayawijaya dapat dikerjakan. Namun yang terpenting adalah poros bangunan jalan trans Papua yang akan segera diselesaikan. Dari total 284 kilometer, saat ini tersisa 30 kilometer.

“Dulu masyarakat kalau mau ke Yigi dan Mbua yang terdekat saja, itu mereka harus berhenti di Habema dan butuh berhari-hari. Tetapi dengan adanya jalan ini mereka bisa langsung tiba dengan menggunakan mobil tanpa behenti,” katanya.

Pemda menargetkan pembangunan Wio Silimo dan Pasar Sinakma akan rampung pada Februari 2018. “Makanya kita tunggu jalan selesai sehingga Presiden bisa meresmikan tiga proyek termasuk dengan pasar di Sinakma, apalagi Pak Presiden juga sudah lihat langsung pasar Sinakma dan memerintahkan segera bangunkan pasar kebetulan juga kita ada uang untuk bangun,” ungkapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Jayawijaya pekan lalu mengakui senang dengan pengerjaan salah satu jalan trans Papua ini, yang merupakan kerjasama TNI dan Kementerian PU/PR meskipun secara keseluruhan belum teraspal.

“Kita harap kalau jalan ini sudah tembus, segala kendala tingkat kemahalan di wilayah pegunungan tengah Papua ini bisa teratasi, sehingga ada pemerataan pembangunan seperti daerah lain,” kata Jokowi. (*)

Sebelumnya

Jayawijaya anggarkan Rp11 miliar untuk FBLB 2017

Selanjutnya

Wabup resmikan rumah singgah ibu hamil di Musatfak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe