Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Advertorial
  3. Barisan Muda Papua Bangkit dalam aksi tanam pohon untuk masyarakat
  • Senin, 15 Mei 2017 — 11:21
  • 1652x views

Barisan Muda Papua Bangkit dalam aksi tanam pohon untuk masyarakat

“Kita ingin melibatkan generasi muda dan menciptakan lapangan kerja sehingga mereka dapat berbuat hal-hal yang positif. Bisa dengan menjadi anggota dan turun langsung ke masyarakat. Setidaknya, sebelum mereka menjadi pegawai negeri sipil, atau pengusaha dan sebagainya mereka sudah punya pengalaman dalam berorganisasi,” kata Daud Marisan, Ketua BMPB, kepada wartawan di Abepura, Sabtu (13/5/2017).
Pendiri BMPB Abock Busup dan Ketua BMPB Daud Marisan berfoto bersama para kader BMPB pada Sabtu, 13 Mei 2017. – Jubi/Yuliana Lantipo
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Sejak terbentuk pada 27 Januari 2017, generasi muda Papua yang tergabung dalam organisasi Barisan Muda Papua Bangkit (BMPB) mulai beraksi untuk mewujudkan harapannya menjadi pemuda-pemudi yang memberi manfaat bagi masyarakat umum.

“Kita ingin melibatkan generasi muda dan menciptakan lapangan kerja sehingga mereka dapat berbuat hal-hal yang positif. Bisa dengan menjadi anggota dan turun langsung ke masyarakat. Setidaknya, sebelum mereka menjadi pegawai negeri sipil, atau pengusaha dan sebagainya mereka sudah punya pengalaman dalam berorganisasi,” kata Daud Marisan, Ketua BMPB, kepada wartawan di Abepura, Sabtu (13/5/2017).

Dalam dua pekan terakhir, Daud bersama puluhan anggota organisasi kepemudaan itu melakukan “aksi penanaman pohon” di tujuh kabupaten di Provinsi Papua: Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Nabire, Jayawijaya, Merauke, dan Kepulauan Yapen.

“Kami merasa ini sesuatu yang luar biasa yang dibentuk oleh pendiri kami Pak Abock Busup (Bupati Yahukimo), dan Pembina kami Pak Gubernur Papua Lukas Enembe. Program telah kami laksanakan dan sedang berjalan ini sesungguhnya menyentuh langsung pada masyarakat. Kami telah melakukan penanaman di tujuh kabupaten dengan 2700 bibit pohon unggulan. Seperti matoa, rambutan, kayu gaharu, trambesi, dan aneka tanaman hias,” jelas Daud.

Pada kesempatan itu, Bupati Abock Busup yang juga pendiri BMPB menjelaskan berdirinya organisasi tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi para generasi muda di tanah Papua untuk berinteraksi dan melahirkan berbagai kegiatan positif, yang bermanfaat bagi dirinya sendiri tapi juga untuk masyarakat luas.

“Tujuan ormas ini adalah menggabungkan generasi muda itu untuk membangkitkan semangat generasi muda Papua. Kemudian, melalui wadah ini, para generasi muda dapat membuat sesuatu yang positif baik bagi dirinya sendiri, kalangan anak muda, serta masyarakat umumnya. Salah satu contoh adalah penanaman pohon itu,” kata Abock Busup.

Abock menjelaskan, pihaknya juga menggandeng pihak terkait seperti Dinas Kehutanan Papua dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Papua dalam hal penyediaan bibit dan bimbingan.

“Mereka memberikan bibit secara gratis tapi pembiayaannya dari BMPB untuk dibawa ke tujuh kabupaten,” jelasnya.

Ia pun mengakui, manfaat dari program penanaman pohon dan sejumlah tanaman itu membutuhkan waktu yang agak lama. Kendati demikian, masyarakat pemilik lahan dan lingkungannya dapat menerima hasil di masa mendatang.

“Kita berikan gratis untuk masyarakat. Setelah bibit ini tumbuh dan akhirnya bisa dipanen, masyarakat juga bisa menjualnnya untuk kebutuhan rumah tangga. Masyarakat bisa jual ke pasar dan biayai sekolah anak atau untuk konsumsi dalam rumah tangga,” ucap Abock. (*)

loading...

Sebelumnya

Kemendagri anggap Papua laksanakan Otda dengan baik, Gubernur terima penghargaan

Selanjutnya

Gubernur minta pengawasan penumpang kapal diperketat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe